Ukraina: Lebih dari 260 Pejuang Dievakuasi dari Pabrik Mariupol

Selasa, 17 Mei 2022 - 06:26 WIB
loading...
Ukraina: Lebih dari 260 Pejuang Dievakuasi dari Pabrik Mariupol
Ukraina: Lebih dari 260 Pejuang Dievakuasi dari Pabrik Mariupol. FOTO/Reuters
A A A
MARIUPOL - Lebih dari 260 pejuang Ukraina , termasuk beberapa yang terluka parah, dievakuasi pada Senin (16/5/2022) dari pabrik baja di kota Mariupol yang hancur. Selanjutnya mereka dibawa ke daerah-daerah di bawah kendali Rusia , kata militer Ukraina.

Wakil Menteri Pertahanan Hanna Maliar mengatakan, 53 pejuang yang terluka parah dibawa ke sebuah rumah sakit di Novoazovsk, sebelah timur Mariupol. “Sementara 211 pejuang tambahan dievakuasi ke Olenivka melalui koridor kemanusiaan. Pertukaran akan dilakukan untuk kepulangan mereka,” kata Maliar, seperti dikutip dari AFP.



Maliar mengatakan, misi sedang dilakukan untuk menyelamatkan pejuang yang tersisa di dalam pabrik, benteng terakhir perlawanan di kota pelabuhan selatan yang hancur.

“Terima kasih kepada para pembela Mariupol, Ukraina mendapatkan waktu yang sangat penting untuk membentuk cadangan dan mengumpulkan kembali pasukan dan menerima bantuan dari mitra,” katanya.

“Dan mereka memenuhi semua tugas mereka. Tetapi tidak mungkin untuk membuka blokir Azovstal dengan cara militer,” tambah Maliar.



Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan evakuasi para pejuang dari Azovstal ke wilayah yang dikuasai separatis adalah untuk menyelamatkan nyawa mereka. Dia mengatakan "yang terluka parah" mendapatkan bantuan medis.

“Ukraina membutuhkan pahlawan Ukraina untuk hidup. Itu prinsip kami," katanya. "Pekerjaan terus membawa orang-orang pulang, dan itu membutuhkan kehalusan dan waktu," lanjut Zelensky.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan kesepakatan bagi yang terluka untuk meninggalkan pabrik baja untuk perawatan di sebuah kota yang dikuasai oleh separatis pro-Moskow. Setelah malam hari Senin, beberapa bus menjauh dari pabrik baja disertai dengan kendaraan militer Rusia. Tidak ada kata segera apakah yang terluka akan dianggap sebagai tawanan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)