Rusia Kerahkan 4 Kapal Perang dan 2 Kapal Selam, Seluruh Ukraina Terancam

Sabtu, 14 Mei 2022 - 04:59 WIB
loading...
Rusia Kerahkan 4 Kapal Perang dan 2 Kapal Selam, Seluruh Ukraina Terancam
Ukraina mendeteksi empat kapal perang dan dua kapal selama yang membawa lebih dari 30 rudal jelajah Kalibr sudah berada di Laut Hitam. Foto/Ukrinform
A A A
KIEV - Rusia telah mengerahkan empat kapal perang dan dua kapal selam ke Laut Hitam. Enam kapal itu membawa lebih dari 30 rudal jelajah Kalibr yang mengancam seluruh wilayah Ukraina .

Angkatan Bersenjata Ukraina mengonfirmasi keberadaan kapal-kapal musuh yang berbahaya tersebut.

“Di Wilayah Odesa, situasinya stabil dan terkendali. Kelompok Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam tidak berubah secara signifikan, menimbulkan ancaman serangan rudal. Ada juga aktivitas permusuhan di sekitar Pulau Zmiinyi,” kata juru bicara Komando Operasi Selatan Vladyslav Nazarov di Telegram yang dilansir Ukrinform, Sabtu (14/5/2022).

Menurutnya, Rusia telah menciptakan pangkalan ofensif di Pulau Zmiinyi dan mencoba mengacaukan situasi di Transnistria.

Baca juga: Erdogan Tolak Finlandia dan Swedia Gabung NATO karena Banyak Terorisnya

Dalam kata-katanya, pasukan musuh terus mempromosikan provokasi di Transnistria.



“Ada upaya untuk membakar komisariat militer di Tiraspol dan serangan palsu terhadap depot minyak. Mengguncang situasi harus menciptakan dasar untuk menuduh Ukraina melanggar batas wilayah republik yang memproklamirkan diri itu," kata Nazarov.

Menurut Nazarov, sekarang ada empat kapal perang Rusia dan dua kapal selam di Laut Hitam, yang membawa lebih dari 30 rudal Kalibr. Hal ini, lanjut dia, menimbulkan ancaman serangan rudal terhadap seluruh wilayah Ukraina.

Selain itu, menurut data dari Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, musuh masih berencana untuk menyebarkan sistem rudal pertahanan udara Pantsir dan sistem rudal permukaan-ke-udara Tor-M2 di Pulau Zmiinyi.

Militer Rusia belum mengonfirmasi tentang pengerahan enam kapal militernya ke Laut Hitam. Namun, Moskow selama invasinya telah menembakkan beberapa rudal jelajah Kalibr yang menimbulkan banyak kerusakan di Ukraina.
(min)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2848 seconds (11.210#12.26)