Kekayaan Kaisar Rusia Tsar Nicholas II, Salah Satu Pria Terkaya di Dunia

Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:13 WIB
loading...
Kekayaan Kaisar Rusia Tsar Nicholas II, Salah Satu Pria Terkaya di Dunia
Kaisar Rusia Tsar Nicholas II. Foto/historyofyesterday.com
A A A
MOSKOW - Sebelum menjadi negara yang dipimpin seorang presiden seperti saat ini, Rusia merupakan negara yang dipimpin Kaisar atau yang biasa disebut Tsar.

Kaisar terakhirnya adalah Tsar Nicholas II, anak tertua dari Tsar Alexander III. Melansir Britannica, Tsar Nicholas II memiliki nama lengkap Nikolay Aleksandrovich yang lahir pada Mei 1868.

Dia memimpin Rusia sejak tahun 1894 hingga 1917. Sebagai orang terpenting di Rusia, Tsar Nicholas II disebut memiliki harta yang sangat banyak.

Baca juga: Polandia: Perlakukan Rusia seperti Nazi Jerman

Ia masuk dalam jajaran pria terkaya di dunia, bahkan sampai saat ini. Laman Russia Beyond menyebut, kekayaan Tsar Nicholas II menyentuh angka USD250 miliar sampai USD300 miliar (Rp4.386 triliun). Gereja Ortodoks Rusia pun menobatkannya sebagai santo terkaya sepanjang sejarah.

Baca juga: Rusia: Demokrat AS Gunakan Keuntungan Biolab Ukraina untuk Dana Kampanye

Di masa itu, Tsar Nicholas II mendapat uang tunjangan tahunan sebesar 200 ribu rubel. Jika dirupiahkan saat ini, setara dengan Rp44,6 juta.

Sungguh angka yang sangat besar di tahun itu. Dana tersebut juga termasuk “dana kamar”. Artinya, Nikolay bisa menggunakannya untuk belanja barang-barang pribadi seperti pakaian, sabun, pisau cukur, dan masing banyak lagi.

Berasal dari keluarga kekaisaran membuat Tsar Nicholas II sudah bergelimang harta sejak sebelum ia lahir. Ia telah memiliki kekayaan pribadi sebesar 2 juta rubel atau Rp446 juta.

Sebagian besar kekayaannya itu ia investasikan dalam bentuk saham. Selama memerintah, Tsar Nicholas II disebutkan jarang (atau bahkan tidak pernah) membawa uang tunai.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1471 seconds (11.252#12.26)