Ratu Elizabeth Tak Hadiri Pembukaan Parlemen karena Masalah Mobilitas

Selasa, 10 Mei 2022 - 08:45 WIB
loading...
Ratu Elizabeth Tak Hadiri Pembukaan Parlemen karena Masalah Mobilitas
Ratu Elizabeth dan Pangeran Charles berjalan di Royal Gallery sebelum Pidato Ratu selama Pembukaan Parlemen Negara di Istana Westminster, London, 14 Oktober 2019. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Ratu Inggris Elizabeth tidak akan menghadiri pembukaan parlemen pada Selasa (10/5/2022) karena dia memiliki masalah dengan mobilitasnya yang berulang.

Pernyataan itu diungkapkan Istana Buckingham pada Senin. Pihak istana menambahkan putranya Pangeran Charles akan mengikuti agenda pemerintah itu sebagai gantinya.

Ratu Inggris berusia 96 tahun itu terpaksa membatalkan sejumlah pertemuan publik sejak dirawat di rumah sakit Oktober lalu karena penyakit yang tidak diketahui. Meskipun demikian, dia terus melakukan banyak tugasnya secara virtual.



"Atas permintaan Yang Mulia, dan dengan persetujuan otoritas terkait, Pangeran Wales akan membacakan pidato Ratu atas nama Yang Mulia, dengan kehadiran Duke of Cambridge," ungkap pernyataan istana.



Istana menolak memberikan perincian tentang penyakit Elizabeth, tetapi sumber mengatakan itu terkait dengan masalah yang dideritanya tahun lalu.

Istana mengatakan keputusannya untuk tidak mengikuti pembukaan parlemen baru dibuat pada Senin.

Perkembangan itu terjadi ketika Inggris akan mengadakan perayaan empat hari pada Juni untuk ratu, raja tertua dan terlama di dunia, untuk menandai tahun ke-70 Ratu Elizabeth di atas takhta.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)