Putin tinjau latihan perang militer Rusia

Selasa, 16 Juli 2013 - 23:36 WIB
Putin tinjau latihan perang militer Rusia
Putin tinjau latihan perang militer Rusia
A A A
Sindonews.com – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (16/7/2013), meninjau latihan perang besar-besaran militer Rusia yang digelar dekat perbatasan dengan Jepang dan China. Ini adalah salah satu latihan perang terbesar di kawasan Asia-Pasifik dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam latihan itu, dikerahkan ribuan tank, 160 ribu prajurit, 130 pesawat, dan 70 kapal. Personel dan peralatan militer Rusia ini melakukan manuver di Pulau Sakhalin, wilayah tenggara Siberia, yang berbatasan dengan China dan Jepang.

Stasiun televisi Pemerintah Rusia memperlihatkan, Putin tengah memantau latihan perang itu melalui teropong, bersama dengan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu. Selanjutnya, Putin menumpang sebuah helikopter dan menyaksikan latihan perang itu dari udara.

Meskipun digelar dekat dengan dua negara tetangga Rusia yang paling penting, Moskow menegaskan, bahwa latihan perang itu tidak membawa niat bermusuhan dan berada dalam hukum internasional.

"Saya dapat melaporkan, bahwa tidak ada tindakan yang akan melanggar kewajiban internasional telah diizinkan," kata Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Anatoly Antonov, seperti dikutip oleh kantor berita Interfax.

Manuver kali ini merupakan bagian dari serangkaian latihan, di mana militer Rusia dikondisikan untuk memeriksa kesiapan tempur mereka. Pasukan yang terlibat harus memobilisasi secara cepat, setelah menerima perintah akhir pekan ini untuk melaksanakan latihan perang.

Antonov mengatakan, atase militer asing di Moskow telah diberitahu tentang latihan taktis yang akan berakhir pada 20 Juli itu. Latihan perang ini dilakukan, setelah pada Maret lalu Putin memerintahkan manuver mengejutkan di wilayah Laut Hitam yang melibatkan 7.000 tentara dan puluhan kapal untuk menguji kesiapan tempur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3865 seconds (0.1#10.140)