Bentrokan Pecah Saat Polisi Israel Masuk ke Masjid Al-Aqsa

Kamis, 05 Mei 2022 - 17:57 WIB
loading...
Bentrokan Pecah Saat Polisi Israel Masuk ke Masjid Al-Aqsa
Bentrokan pecah saat polisi Israel masuk ke Masjid al-Aqsa. Foto/Ilustrasi
A A A
YERUSALEM - Bentrokan kembali pecah di Masjid al-Aqsa , Yerusalem, setelah polisi Israel memasuki situs suci Umat Islam itu untuk mengusir pengunjuk rasa Palestina . Itu terjadi setelah kunjungan warga Yahudi ke kompleks Masjid al-Aqsa kembali diperbolehkan.

Puluhan warga Palestina berkumpul dan meriakkan takbir Allahu Akbar saat kunjungan warga Yahudi kembali diperbolehkan. Bentrokan pecah ketika polisi datang untuk menangkap salah satu dari warga Palestina.

Polisi Israel menembakkan peluru berlapis karet ke lapangan terbuka yang luas saat beberapa warga Palestina berlindung di dalam masjid al-Aqsa. Polisi Israel kemudian terlihat di dalam pintu masuk masjid yang dibarikade.

Polisi Israel mengatakan mereka menanggapi puluhan orang yang meneriakkan hasutan dan melemparkan batu, dan seorang petugas polisi terluka ringan.

Namun tidak seperti dalam konfrontasi sebelumnya, saksi Palestina mengatakan tidak ada tanda-tanda pelemparan batu pada awalnya. Beberapa dari mereka yang berlindung di dalam masjid mulai melempari batu ketika polisi memasuki masjid. Para saksi berbicara dengan syarat anonim karena masalah keamanan seperti dikutip dari AP, Kamis (5/5/2022).



Di bawah pengaturan informal yang dikenal sebagai status quo, orang Yahudi diizinkan untuk mengunjungi situs tersebut tetapi tidak berdoa di sana. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah mengunjungi dalam jumlah yang terus meningkat dengan pengawalan polisi Israel dan banyak yang diam-diam berdoa, membuat marah warga Palestina serta negara tetangga Yordania, yang merupakan penjaga situs tersebut.

Warga Palestina telah lama khawatir bahwa Israel berencana untuk mengambil alih situs itu atau membaginya.

Israel mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mempertahankan status quo, dan menuduh kelompok militan Islam Hamas menghasut kekerasan baru-baru ini.

Kunjungan, oleh sebagian besar orang Yahudi nasionalis dan religius, dilanjutkan pada Kamis ini setelah dihentikan selama 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan dan libur Idul Fitri.

Kamis juga merupakan Hari Kemerdekaan Israel, dan dalam beberapa hari terakhir kelompok-kelompok pinggiran telah meminta umat Yahudi untuk merayakannya dengan mengibarkan bendera Israel di tempat suci. Seruan itu diedarkan secara luas oleh warga Palestina di media sosial, bersama dengan seruan untuk menghadapi tampilan semacam itu.



Sebuah kelompok Yahudi membagikan video yang tampaknya menunjukkan sekelompok pengunjung menyanyikan lagu kebangsaan Israel ketika polisi mengawal seorang anak laki-laki yang memiliki bendera Israel tersampir di bahunya. Video itu tampak asli.

Hussein al-Sheikh, seorang pejabat senior Palestina yang berfungsi sebagai penghubung utama antara Otoritas Palestina dan Israel, mentweet tentang kontroversi awal pekan ini, mengatakan bahwa pengibaran bendera akan menunjukkan "pengabaian yang keterlaluan" untuk perasaan Palestina dan menandai "kelanjutan dari kampanye rasis ekstremis.”

Hamas pada Rabu kemarin memperingatkan bahwa Israel "bermain dengan api dan menyeret kawasan itu ke dalam eskalasi yang menjadi tanggung jawab penuh pendudukan."

Beberapa minggu terakhir telah terjadi sejumlah bentrokan di kompleks Masjid al-Aqsa, situs tersuci ketiga bagi umat Islam, yang dibangun di puncak bukit yang merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang menyebutnya sebagai Temple Mount. Situs itu terletak di jantung emosional konflik Israel-Palestina.

Bentrokan di dalam dan sekitar Masjid al-Aqsa tahun lalu membantu memicu perang 11 hari antara Israel dan Hamas.



Kompleks ini berada di Kota Tua, yang menampung situs-situs keagamaan utama yang disucikan bagi orang Yahudi, Kristen, dan Muslim. Kota Tua adalah bagian dari Yerusalem timur, yang direbut Israel dalam perang 1967 bersama dengan Tepi Barat dan Gaza. Palestina ingin ketiga wilayah itu menjadi bagian dari negara masa depan mereka.

Israel mencaplok Yerusalem timur dalam sebuah langkah yang tidak diakui oleh sebagian besar komunitas internasional, dan menganggap seluruh kota sebagai ibu kotanya. Tepi Barat telah berada di bawah kekuasaan militer Israel selama hampir 55 tahun, dan Gaza telah berada di bawah blokade Israel-Mesir sejak Hamas merebut kekuasaan dari pasukan Fatah pada 2007. Otoritas Palestina mengelola sebagian Tepi Barat dan bekerja sama dengan Israel dalam bidang keamanan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)