Rusia: Snowden belum ajukan permohonan suaka

Senin, 15 Juli 2013 - 17:23 WIB
Rusia: Snowden belum ajukan permohonan suaka
Rusia: Snowden belum ajukan permohonan suaka
A A A
Sindonews.com - Edward Snowden, mantan kontraktor NSA, yang tengah diburu AS belum mengajukan permohonan suaka kepada Pemerintah Rusia. Padahal, pada Jumat pekan lalu pemuda yang membocorkan penyadapan AS itu, menyatakan memilih tinggal di Rusia.

Kepala Federal Layanan Migrasi Rusia (FMS), Konstantin Romodanovsky, pada Senin (15/7/2013), mengatakan, kepada kantor berita Rusia, bahwa, belum menerima draf permohonan suaka dari Snowden. ”Belum ada aplikasi dari Edward Snowden untuk hari ini,” katanya kepada Interfax.

Sebuah sumber di Bandara Internasional Sheremetyevo, Moskow, mengatakan, Snowden masih tinggal di sebuah ruang di hotel yang ada di zona transit. ”Ia juga memiliki akses ke kamar kecil (yang terhubung) dengan staf yang bertugas,” tulis Interfax mengutip sumber di bandara.

”Keselamatan Snowden dijaga dengan baik di hotel dan di ruangan ini,” lanjut sumber itu tanpa merinci siapa yang memerintahkan untuk memberikan perlakuan khusus terhadap Snowden.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, sebelumnya menawarkan suaka pada Snowden, dengan syarat ia berhenti membocorkan penyadapan yang mempermalukan Washington. Keberadaan Snowden di Rusia, telah memicu reaksi keras dari Washington.

”Menyediakan platform propaganda untuk Snowden bertentangan dengan deklarasi Pemerintah Rusia yang sebelumnya menyatakan netral,” kata juru bicara Gedung Putih, Jay Carney.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)