Zelensky Bersyukur pada Neo-Nazi Azov, Klaim Ukraina Hampir Tak Punya Radikal

Senin, 02 Mei 2022 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Menurut Zelensky, seruan radikal dari formasi nasionalis Ukraina melawan Rusia adalah "pendapat pribadi" mereka, dan ada perbedaan antara mereka dan sikap militer.

“Ada juga batalyon Azov, yang tidak terdiri dari sukarelawan, tetapi merupakan bagian dari garda nasional negara kita. Hari ini adalah bagian dari angkatan bersenjata, dan semuanya adalah tentara resmi negara kita. Beberapa di antaranya yang merupakan sukarelawan pada awal perang pindah ke politik dan tinggal di sana,” ujar dia.

“Mereka yang memutuskan terus bertugas di angkatan bersenjata Ukraina menjadi militer dan merupakan bagian dari angkatan bersenjata Ukraina. Ini adalah dua hal yang berbeda," papar Zelensky.

Menurut Zelensky, Mariupol "dipertahankan" oleh tentara profesional, dan tidak hanya oleh batalion Azov yang dia syukuri, sekali lagi menyoroti "profesionalisme" mereka.

"Ada juga Garda Nasional, penjaga perbatasan, pasukan khusus, dan ada angkatan bersenjata Ukraina," papar dia.

Namun, presiden mengklaim bahwa dia dan kantornya terus mengawasi berbagai peristiwa.

"Dan jika ada tantangan atau seruan untuk radikalisme, saya percaya bahwa jumlah di Ukraina jauh lebih sedikit daripada di negara-negara lain di Bumi," klaimnya.

Dia menjelaskan, "Saya pikir kita hampir tidak memilikinya. Terlepas dari kenyataan bahwa kita sedang berperang, Jika sentimen radikal seperti itu muncul, kami akan menanggapinya dengan sangat serius dan segera mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melawan mereka, percayalah."

Ini bukan pertama kalinya presiden Ukraina memuji batalyon neo-Nazi. Bulan lalu, dia berbicara kepada parlemen Yunani, dengan pidatonya termasuk pesan video dari dua orang Azovites Yunani.

Penampilan mereka memicu pertikaian politik besar di Yunani, dengan partai-partai oposisi dan anggota berpengaruh dari Partai Demokrasi Baru yang berkuasa membanting pidato mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)