Dari Arab Saudi hingga AS, Negara-negara Ini Lebaran Senin Besok

Minggu, 01 Mei 2022 - 13:22 WIB
loading...
Dari Arab Saudi hingga AS, Negara-negara Ini Lebaran Senin Besok
Sejumlah negara merayakan Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) esok, dari Arab Saudi hingga AS. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Awal bulan Mei menjadi akhir bagi bulan Ramadhan di sejumlah negara. Beberapa negara di Timur Tengah, Eropa dan Amerika mengumumkan akan merayakan Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) esok.

Hari Raya Idul Fitri dirayakan setelah umat Islam di seluruh dunia selesai menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa negara itu akan merayakan Idul Fitri pada Senin esok setelah hilal bulan Syawal tidak terlihat pada hari Sabtu.



Sedangkan menurut Pusat Astronomi Internasional di akun Twitternya Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Irak, Kuwait, Bahrain, Palestina, Suriah, Yaman, Lebanon, Mesir, Sudan, dan Turki juga mengumumkan bahwa Idul Fitri akan jatuh pada 2 Mei.

Sementara itu, seperti dikutip dari Hindustan Times, Minggu (1/5/2022), Prancis, Amerika Serikat (AS) dan Kanada juga mengumumkan bahwa umat Muslim di negara itu akan berlebaran esok.

Di sisi lain, umat Islam di negara-negara Asia baru akan melakukan pemantauan hilal pada hari ini seperti India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, termasuk Indonesia.



Dalam kondisi cuaca yang sempurna, hilal bulan Syawal diperkirakan akan terlihat di London, Maroko, Afrika Selatan, Spanyol dan negara-negara lain pada 1 Mei 2022. Jika laporan penampakan bulan diterima, Idul Fitri 2022 akan dirayakan pada hari Senin esok negara-negara ini.

Sedangkan Umat Muslim di Selandia Baru mulai berpuasa selama bulan Ramadhan pada 04 April 2022. Oleh karena itu, Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru akan bersiap-siap untuk melihat hilal bulan Syawal untuk Idul Fitri pada Senin esok.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)