Pentagon Akui AS Latih Pasukan Ukraina di Jerman

Minggu, 01 Mei 2022 - 05:01 WIB
loading...
Pentagon Akui AS Latih Pasukan Ukraina di Jerman
Tentara Ukraina mengikuti latihan militer Three Swords-2021 di Yavoriv, Lviv, Ukraina, 27 Juli 2021. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Personel militer Ukraina menerima pelatihan Amerika Serikat (AS) di Eropa di tengah konflik dengan Rusia. Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Pers Pentagon John Kirby.

“Saya dapat mengumumkan bahwa Amerika Serikat telah memulai pelatihan dengan Angkatan Bersenjata Ukraina pada sistem kunci di instalasi militer AS di Jerman,” papar Kirby selama briefing pada Jumat (29/4/2022).

Sebagai bagian dari program yang dikoordinasikan dengan Berlin, pasukan Ukraina belajar mengoperasikan artileri, radar, dan kendaraan lapis baja.



“Upaya pelatihan baru di Jerman dan di lokasi lain di Eropa ini secara langsung mendukung paket bantuan keamanan AS baru-baru ini yang dirancang untuk membantu Ukraina memenangkan pertempuran mereka hari ini dan membangun kekuatan untuk besok,” ungkap juru bicara itu, seraya mencatat AS telah berkomitmen USD4,3 miliar untuk militer Ukraina sejak 2021.



Kirby menekankan Pentagon tidak memiliki rencana mengirim instrukturnya ke Ukraina. “Pelatihan yang akan kita lakukan akan berada di luar negeri,” papar dia.



“Tetapi kemungkinan prajurit di dalam Ukraina menerima pelatihan Amerika Serikat secara virtual sedang dieksplorasi,” ujar dia.

Sekutu AS, Inggris juga membantu pasukan Ukraina meningkatkan keterampilan tempur mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)