Suster Andre, Orang Tertua di Dunia yang Rutin Minum Segelas Anggur Setiap Hari

Sabtu, 30 April 2022 - 14:50 WIB
loading...
Suster Andre, Orang Tertua di Dunia yang Rutin Minum Segelas Anggur Setiap Hari
Suster Andre, Orang Tertua di Dunia yang Rutin Minum Segelas Anggur Setiap Hari. FOTO/GI
A A A
PARIS - Guinness World Records mengumumkan seorang biarawati Prancis secara resmi menjadi orang tertua di dunia yang hidup saat ini. Saat ini sang biarawati berusia 118 tahun dan 78 hari.

Guinness mengatakan, Suster Andre, seorang biarawati yang lahir Lucile Randon pada 11 Februari 1904, secara resmi dinobatkan sebagai orang tertua yang masih hidup setelah kematian wanita Jepang Kane Tanaka pada usia 119 tahun dan 107 hari.

Baca: Suster Andre dari Prancis Klaim Gelar Manusia Tertua di Dunia

Seperti dikutip dari UPI, biarawati yang kini telah tuli sebagian dan menggunakan kursi roda untuk beraktivitas sehari-hari, mengaku masih berusaha untuk tetap aktif pikirannya.

“Mereka membangunkan saya pada jam 7 pagi dan memberi saya sarapan. Kemudian mereka menempatkan saya di meja saya, di mana saya tetap sibuk dengan hal-hal kecil,” kata Suster Andre kepada Guinness World Records.

Guinness menambahkan bahwa dia sesekali memanjakan diri dengan permen, terutama cokelat yang merupakan "kesenangan bersalahnya" dan minum segelas anggur setiap hari.

Baca: Wanita Jepang Berstatus Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun

"Segelas anggur mempertahankannya dan yang mungkin merupakan rahasia umur panjangnya," kata seorang anggota staf dari panti jompo Sister André kepada Guinness. "Saya tidak tahu - saya tidak mendorong orang untuk minum segelas anggur setiap hari!," lanjutnya.

Tentu banyak yang telah dilalui Suster Andre di perjalanan panjang hidupnya. Ia berhasil selamat dari dua Perang Dunia dan bahkan infeksi COVID-19. Di masa mudanya, dia bekerja sebagai guru dan pengasuh. Dia kemudian menghabiskan hampir tiga dekade bekerja dengan anak yatim dan orang tua di sebuah rumah sakit di Prancis tengah, sebelum menjadi biarawati Katolik.

Suster Andre telah tinggal di panti jompo selama 12 tahun terakhir, yang terletak di kota Toulon di Prancis selatan. Pada 2019, ia diangkat menjadi warga negara kehormatan kota dan bahkan menerima surat dari Paus Fransiskus, menurut Guinness.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1449 seconds (10.177#12.26)