AS Tak Suka Jokowi Undang Putin Hadiri KTT G20 di Indonesia

Sabtu, 30 April 2022 - 08:49 WIB
loading...
A A A
“Amerika Serikat terus percaya bahwa itu tidak bisa menjadi urusan seperti biasa sehubungan dengan partisipasi Rusia dengan komunitas internasional atau lembaga internasional,” kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Jalina Porter kepada wartawan ketika ditanya tentang undangan tersebut.

Dia tidak mengomentari apakah Amerika Serikat masih akan menghadiri KTT G20 di Bali.

Zelensky pada Rabu lalu telah mengumumkan dalam sebuah tweet bahwa dia diundang ke KTT G20 oleh Indonesia, menyusul panggilan telepon dengan Jokowi.

Jokowi juga melakukan percakapan telepon dengan Putin pada hari Kamis. "Putin berterima kasih kepada Indonesia atas undangan ke KTT G20 dan mengatakan dia akan hadir," kata Jokowi.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, membenarkan percakapan telepon kedua pemimpin tersebut. "Putin berharap kepresidenan G20 Indonesia berhasil," kata Peskov.

"Tetapi, untuk saat ini, terlalu dini untuk mengomunikasikan modalitas partisipasi Rusia," lanjut dia, meninggalkan format partisipasi Moskow dalam keraguan.

Barat telah berusaha untuk secara diplomatis mengisolasi Rusia sejak awal ofensif militernya pada Februari.

Pertemuan para menteri keuangan G20 pada bulan April di Washington menggambarkan perpecahan yang mendalam dalam kelompok ekonomi utama dunia, di mana AS dan beberapa sekutu memboikot pembicaraan untuk memprotes partisipasi Rusia.

Namun Indonesia, seperti kebanyakan negara berkembang utama, telah mencoba untuk mempertahankan posisi netral.

Jokowi mengatakan kemarin bahwa Indonesia tidak akan mengirim senjata ke Ukraina sebagai tanggapan atas permintaan Zelensky, melainkan menawarkan bantuan kemanusiaan.

Perang di Ukraina kembali menjadi pembicaraan utama kemarin ketika Jokowi berbicara dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)