AS: Kami Pantau Tiap Hari, Tak Ada Ancaman Rusia Serang NATO dengan Nuklir

Sabtu, 30 April 2022 - 07:12 WIB
loading...
AS: Kami Pantau Tiap Hari, Tak Ada Ancaman Rusia Serang NATO dengan Nuklir
Amerika Serikat mengeklaim telah memantau kemampuan Rusia setiap hari dan tak ada ancaman Moskow menggunakan senjata nuklir di Ukraina maupun terhadap negara-negara NATO. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak melihat adanya ancaman Rusia menggunakan senjata nuklir atas perangnya di Ukraina maupun terhadap negara-negara NATO.

Washington mengabaikan Moskow yang baru-baru ini meningkatkan retorika perang nuklirnya.

“Kami terus memantau kemampuan nuklir mereka setiap hari sebaik mungkin. Dan kami tidak menilai bahwa ada ancaman penggunaan senjata nuklir dan tidak ada ancaman terhadap wilayah NATO,” kata pejabat pertahanan AS yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dikutip Reuters, Sabtu (30/4/2022).

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu lalu memperingatkan bahwa serangan balasan akan secepat kilat jika negara ketiga campur tangan dalam operasi militer Moskow di Ukraina dan menimbulkan ancaman bagi Rusia.

Dia mengatakan Rusia memiliki senjata yang tidak dimiliki orang lain dan bahwa negaranya akan menggunakannya jika diperlukan. Senjata yang dimaksud Putin itu ditafsirkan media-media Barat sebagai rudal balistik antarbenua RS-28 Sarmat yang bisa membawa 15 hulu ledak nuklir dalam sekali tembak.



Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahaya perang nuklir adalah serius dan nyata, dan bahwa itu tidak boleh diremehkan.

Rusia memulai invasinya ke Ukraina pada 24 Februari, setelah menegaskan bahwa keamanannya sendiri telah terancam dengan ekspansi NATO ke arah timur dan kemungkinan keanggotaan Ukraina dalam aliansi tersebut.

Tetapi kampanye militernya tampaknya tidak berjalan seperti yang direncanakan, dengan pasukan Rusia gagal merebut ibu kota Ukraina dalam menghadapi perlawanan sengit dari negara Eropa Timur tersebut.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menyatakan tidak akan mengirim pasukan Amerika ke Ukraina di tengah kekhawatiran bahwa Washington bisa ditarik ke dalam konflik langsung dengan Rusia yang bersenjata nuklir akan mengakibatkan Perang Dunia III.

Tetapi Amerika Serikat, bersama dengan negara-negara anggota NATO lainnya, telah memberikan bantuan keamanan kepada Kiev untuk membantunya mempertahankan diri dari invasi Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)