Rusia Hentikan Pasokan Gas ke Bulgaria dan Polandia

Kamis, 28 April 2022 - 00:29 WIB
loading...
Rusia Hentikan Pasokan Gas ke Bulgaria dan Polandia
Katup dan pipa gas di stasiun distribusi gas Gaz-System di Gustorzyn, Polandia tengah, 12 September 2014. Foto/REUTERS/Wojciech Kardas/Agencja Gazeta
A A A
MOSKOW - Pemasok gas alam utama Rusia, Gazprom, mengumumkan penghentian total ekspor gas ke Bulgaria dan Polandia pada Rabu (27/4/2022) setelah kedua negara menolak membayar dalam rubel.

Menurut pernyataan, pasokan tidak akan dilanjutkan sampai Sofia dan Warsawa mematuhi persyaratan baru.

Raksasa energi yang berbasis di Saint Petersburg memperingatkan jika Bulgaria dan Polandia mulai menyedot gas transit Rusia yang ditujukan untuk negara lain, itu akan mengurangi pasokan dengan jumlah yang diambil secara ilegal oleh Sofia dan Warsawa.

Baca juga: Rusia Hancurkan Sejumlah Besar Senjata yang Dipasok Barat di Ukraina

Dalam pernyataan pada Rabu pagi, perusahaan menjelaskan, “Sampai akhir hari kerja pada tanggal 26 April, Ekspor Gazprom belum menerima pembayaran rubel untuk pengiriman gas pada bulan April dari perusahaan 'Bulgargaz' (Bulgaria) dan PGNiG (Polandia),” seperti yang dipersyaratkan berdasarkan keputusan Presiden Vladimir Putin tertanggal 31 Maret.

Baca juga: AS Bantu Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Rusia yang Membawa Pasukan

Keputusan Putin menyatakan, "Pembayaran untuk gas yang dikirim sejak 1 April harus dilakukan dalam rubel." Kedua perusahaan telah diberitahu tentang ini "pada waktu yang tepat."

Baca juga: Zelensky kepada Jokowi: Terima Kasih Atas Dukungannya

Bulan lalu, Putin mewajibkan negara-negara yang telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia, dan masih mengimpor gasnya, untuk menggunakan mata uang Rusia untuk transaksi.

Beberapa pembeli telah mengisyaratkan kesediaan menerima tuntutan Moskow. Pada Senin, Uniper, importir gas Rusia terbesar di Jerman, mengatakan memungkinkan membayar pasokan di masa depan tanpa melanggar sanksi Barat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1980 seconds (11.97#12.26)