Ukraina Siapkan Tuduhan Kejahatan Perang Terhadap Personel Militer Rusia

Rabu, 27 April 2022 - 14:26 WIB
loading...
Ukraina Siapkan Tuduhan Kejahatan Perang Terhadap Personel Militer Rusia
Ukraina Siapkan Tuduhan Kejahatan Perang Terhadap Personel Militer Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Tiga pilot Rusia yang diduga mengebom gedung-gedung sipil di wilayah Kharkiv dan Sumy termasuk di antara sedikitnya 7 personel militer Rusia yang sedang dipersiapkan untuk tuduhan kejahatan perang oleh Kiev. Hal itu diungkapkan Kantor Kejaksaan Ukraina kepada Reuters.

Menurut Kantor Kejaksaan Ukraina, individu lain termasuk dua operator peluncur roket yang diduga menembaki pemukiman di wilayah Kharkiv dan dua prajurit yang diduga membunuh seorang penduduk daerah Kiev dan memperkosa istrinya.



Kantor Kejaksaan mengatakan telah memberi tahu orang-orang itu bahwa mereka adalah tersangka dan penyelidikan sedang berlangsung, menambahkan tidak ada dakwaan yang diajukan ke pengadilan. Itu tidak menyebutkan nama tersangka atau memberikan bukti untuk mendukung tuduhan tersebut.

Dikatakan beberapa tersangka ditahan sebagai tawanan, tanpa menyebutkan di mana, sementara dakwaan lainnya sedang disiapkan secara in absentia. Ukraina mengatakan sedang menyelidiki sekitar 7.600 potensi kejahatan perang dan sedikitnya 500 tersangka menyusul invasi Rusia ke tetangganya pada 24 Februari.

Jaksa Agung Iryna Venediktova mengatakan kepada Reuters bahwa banyak dari tersangka tersebut berada di Rusia, tetapi beberapa telah ditawan oleh Ukraina sebagai tawanan perang. Berbicara dalam sebuah wawancara awal bulan ini, dia mengatakan bahwa kantornya bermaksud untuk mengikuti rantai komando hierarki politik dan militer Rusia.



Venediktova menambahkan bahwa dia berencana untuk melakukan penuntutan, baik di pengadilan Ukraina maupun di Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag, pengadilan kejahatan perang permanen dunia.

Kremlin dan kementerian pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar. Moskow telah menolak tuduhan oleh Ukraina dan negara-negara Barat tentang kejahatan perang dan telah membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebut Kremlin sebagai "operasi militer khusus" untuk mendemiliterisasi tetangganya.

Penyelidikan Ukraina berada di pusat berbagai upaya untuk menyelidiki potensi kejahatan perang yang terkait dengan konflik, termasuk oleh ICC. ICC juga telah mengirimkan tim pendahulu ke wilayah tersebut untuk melakukan operasi. Baca selengkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)