Mengejutkan, 18 Drone China Mata-matai Instalasi Nuklir Inggris dalam 2 Tahun

Rabu, 27 April 2022 - 02:13 WIB
loading...
Mengejutkan, 18 Drone China Mata-matai Instalasi Nuklir Inggris dalam 2 Tahun
Sekitar 18 drone China dilaporkan memata-matai instalasi nuklir Inggris dalam 2 tahun terakhir. Foto/CCTV
A A A
LONDON - Pada saat Inggris sedang dianggap sebagai lokasi potensial untuk penyimpanan senjata nuklir NATO, pengungkapan mengejutkan tentang spionase China atas instalasi nuklir Inggris telah mengirimkan bel alarm berdering dalam pembentukan keamanan negara.

Pejabat pertahanan London percaya bahwa mata-mata Beijing bertanggung jawab atas 18 penampakan drone di lokasi militer dan fasilitas listrik di sekitar Inggris dalam dua tahun.

Mengutip The Mirror, Selasa (26/4/2022), penampakan drone-drone itu dilaporkan terjadi antara 2019 hingga 2021, namun lokasi pangkalan militer yang dimaksud dirahasiakan karena alasan keamanan nasional.

Pengungkapan itu muncul ketika para kepala intelijen memperingatkan bahwa China ingin mencuri rahasia paling sensitif Inggris.



Tuduhan terhadap China karena melakukan kegiatan spionase dengan menerjunkan pesawat tak berawaknya datang beberapa bulan setelah peringatan langka dikeluarkan terhadapnya oleh badan mata-mata Inggris, MI5.

Pada bulan Januari, MI5 memperingatkan bahwa seorang agen China telah menyusup ke Parlemen Inggris untuk mencuri rahasia negara. Namun, menerbangkan drone di atas instalasi sensitif dapat menjadi kontroversi yang lebih besar antara kedua negara.

Satu laporan situs nuklir berbunyi: "Personel keamanan melaporkan sebuah pesawat tak berawak diterbangkan dekat dengan fasilitas."

Laporan lain mennyebutkan, "Drone mendarat di daerah itu dan pangkalan udara diamankan oleh personel keamanan."
Laporan ketiga berbunyi, “Petugas melaporkan melihat drone terbang. Tidak ada drone yang ditemukan setelah pencarian lebih lanjut.”

Di bawah Undang-Undang Kebebasan Informasi, The Sunday People memperoleh informasi tentang aktivitas pesawat tak berawak dan diberitahu oleh mantan perwira intelijen Letnan Kolonel Philip Ingram bahwa orang China memiliki program spionase yang sangat matang dan canggih yang berjalan di seluruh Inggris.

Lebih lanjut, pengungkapan ini muncul beberapa hari setelah laporan Departemen Luar Negeri AS mengindikasikan bahwa NATO siap untuk memasukkan Lakenheath RAF, sebuah fasilitas di Inggris yang secara serius dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam fasilitas penyimpanan senjata Nuklir NATO setelah jeda lebih dari satu dekade.

Laporan drone-drone Beijing yang terbang di atas instalasi nuklir Inggris berpotensi memperburuk keadaan antara pemerintah China dan Inggris yang sudah tetap berselisih.

Sementara Inggris menuduh China melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang dan kegiatan mata-mata di Inggris, China menuduh Inggris menyebarkan informasi yang salah untuk memfitnahnya.

Perhatian telah bergeser ke senjata nuklir di Inggris setelah Rusia mengaktifkan Komando Nuklir Strategis-nya karena sanksi berat dijatuhkan padanya atas invasi ke Ukraina.

Inggris siap menjadi tuan rumah senjata nuklir AS, dan pesawat tak berawak China di sekitar instalasi ini bisa menjadi masalah bagi administrasi keamanan Inggris.

Gardu nuklir di Faslane, Skotlandia—lembaga militer paling sensitif di Inggris—adalah salah satu tempat yang dicurigai dimata-matai.

Kapal selam trisula ditempatkan di sana, dan senjata nuklir disimpan di Depot Persenjataan Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Penampakan drone juga telah dilaporkan di Atomic Weapons Establishment di Aldermaston, Berkshire, yang merancang dan memproduksi bom nuklir. Itu terjadi setelah para pemimpin intelijen memperingatkan bahwa China berusaha mencuri rahasia Inggris yang paling sensitif.

Menurut Federasi Ilmuwan Amerika, Inggris memiliki 225 senjata nuklir di gudang senjatanya. Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari perkiraan 5.500 yang dimiliki masing-masing oleh Amerika Serikat dan Rusia.

Inggris sekarang menyimpan senjata nuklirnya di empat tempat berbeda-–AWE Aldermaston, AWE Burghfield, Depot Persenjataan Angkatan Laut Kerajaan Coulport, dan Pangkalan Angkatan Laut Faslane.

Petugas Polisi Pertahanan Bersenjata berpatroli di semua lokasi senjata nuklir dan pembangkit listrik. Jika pangkalan diserang, petugas ini berwenang menembak untuk membunuh.

Salah satu sumber intelijen mengatakan bahwa China berniat mencuri rahasia Inggris. Ada jaringan mata-mata China di Inggris dan mereka akan menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mencuri informasi rahasia. “Kami tahu mereka telah menargetkan perusahaan yang sangat sensitif seperti pangkalan militer dan pembangkit listrik tenaga nuklir dengan menggunakan drone," kata sumber tersebut.

Meskipun pihak berwenang Inggris tidak merinci drone China mana yang merupakan bagian dari dugaan upaya mata-mata, China sebelumnya dikatakan telah mengerahkan salah satu drone mata-mata besarnya, Soar Dragon, untuk mengawasi kapal penjelajah Angkatan Laut AS yang melakukan perjalanan melintasi Selat Taiwan pada akhir Juli 2019.

Sebuah drone pengintai bersenjata, WJ-700, juga telah dipamerkan di media pemerintah China, dengan satu laporan mengeklaim bahwa ia akan dapat bekerja dengan pesawat tak berawak lainnya untuk melakukan operasi pengintaian dan penyerangan.

Itu dilihat sebagai komponen utama dari “sistem tempur tak berawak” yang direncanakan China. WJ-500 dan WJ-600 adalah dua drone lain dalam keluarga ini dengan kemampuan pengintaian dan serangan darat.

Industri drone China telah menghasilkan berbagai pengumpulan intelijen dan drone tempur dalam beberapa tahun terakhir yang dilaporkan telah dikerahkan untuk menjadi mata dan telinganya. Dengan rekam jejak yang terkenal dalam hal mata-mata, China telah dituduh Barat menyebarkan drone ini untuk melakukan spionase pada beberapa kesempatan.

Ketika ketegangan meningkat antara Inggris dan China, ini dapat menyebabkan lebih banyak kewaspadaan dan hubungan yang memburuk antara kedua negara bahkan ketika konfigurasi geopolitik sedang mengalami perubahan luar biasa dengan kekuatan barat bergabung melawan Beijing.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)