6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk

Senin, 25 April 2022 - 22:46 WIB
loading...
6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk
6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk.
A A A
JAKARTA - Berdasarkan wilayahnya, ada beberapa negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Seperti yang diketahui, sekitar 70 persen permukaan bumi tertutup oleh air. Maka, sejumlah negara di dunia pun memiliki wilayah laut yang lebih luas dari daratannya.

Garis pantai merupakan pembatas atau garis batas antara daratan dan lautan. Panjang garis pantai sebuah negara didapat berdasarkan pengukuran seluruh pantai yang ada di wilayah tersebut. Dalam hal ini, posisi garis pantai suatu negara juga bisa berubah dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Lantas, negara mana sajakah yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia? Dilansir dari situs World Population, berikut ulasannya.

Baca Juga: Dunia Akui Raja Ampat Miliki Garis Pantai Terindah
1. Kanada
Berstatus sebagai negara paling utara di kawasan Amerika Utara, Kanada menjadi negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Tercatat garis pantai negara ini membentang sepanjang 202.080 km.

Semua provinsi di Kanada, kecuali Alberta dan Saskatchewan diketahui garis pantainya masing-masing. Dengan panjang garis pantai yang begitu luas, negara ini memiliki berbagai lanskap di sepanjang garis pantai secara signifikan.Lanskap Kanada sendiri adalah salah satu yang paling murni di dunia.

2. Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 1.904.569 kilometer persegi. Indonesia sendiri menempati posisi kedua dari negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Panjang garis pantainya mencapai 99.083 kilometer.

Selain itu, berbagai pantai di Indonesia juga menjadi destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah pantai Kuta di Bali.

Baca Juga: Terkikis Abrasi, Garis Pantai Sendangsikucing Berkurang 100 Meter
3. Norwegia
Norwegia adalah sebuah negara negara Nordik yang terletak di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat dan berbatasan dengan Swedia, Finlandia, Rusia, dan Britania Raya di sebelah Barat Daya.

Negara yang terkenal dengan sejarah Viking ini memiliki panjang garis pantai mencapai 58.133 kilometer. Garis pantai negara tidak teratur dan menjorok dengan banyak fjord serta pulau di sepanjang pantainya. Beberapa pantainya yang terkenal adalah Pantai Hoddevik, Sola, dan Bunes.

4. Rusia
Negara terluas di dunia ini wilayahnya mencakup sekitar seperdelapan luas daratan bumi. Dengan luas wilayah sekitar 17.125.200 kilometer persegi, Rusia memiliki garis pantai sepanjang 37.653 kilometer.

Garis pantainya tersebar di Samudra Pasifik hingga Laut Azov di barat dayanya. Sebagian besar penduduk Rusia mendiami sepanjang garis pantai dengan sejumlah kota besar seperti St.Petersburg, Yalta, dan lainnya.

Selain menjadi negara dengan garis pantai terpanjang keempat, Rusia juga memiliki sungai terpanjang di Eropa, yaitu Volga dan danau terbesar di Eropa, yaitu Danau Ladoga.



5. Filipina
Negara di kawasan Asia Tenggara ini merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 7.641 pulau. Tetangga Indonesia ini memiliki garis pantai sepanjang 36.289 kilometer. Garis pantainya tidak teratur karena ter indentasi dengan pulau-pulau kecil dan teluk yang tak terhitung jumlahnya.

Sebagian besar penduduk Filipina bergantung pada sektor perikanan sebagai mata pencahariannya. Daerah pesisir negara ini menjadi daerah yang cukup padat. Dengan sekitar 60 persen populasi negara Filipina terletak di sepanjang garis pantainya.

6. Jepang
Jepang menjadi negara dengan garis pantai terpanjang keenam di dunia. Negeri matahari terbit tercatat memiliki 6.852 pulau dengan garis pantai yang membentang sekitar 29.751 kilometer.

Beberapa sektor seperti penangkapan ikan, pertanian, dan aquamarine menjadi salah satu bagian yang mendukung perekonomian Jepang. Selain Gunung Fuji, terdapat juga pantai pasir hitam yang bisa digunakan orang-orang untuk melihat Gunung Fuji dari kejauhan.

Referensi:
-https://worldpopulationreview.com/country-rankings/countries-by-coastline
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)