Jabatan Raja Salman Sebelum Menjadi Raja Arab Saudi

Senin, 25 April 2022 - 18:51 WIB
loading...
Jabatan Raja Salman Sebelum Menjadi Raja Arab Saudi
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud sempat menghebohkan masyarakat di seluruh dunia dengan berita kematiannya pada Januari 2022.

Namun, berita yang pertama kali dimuat di Mehr New Agency, media berita Iran, tersebut sudah dinyatakan hoaks.

Buktinya, pada Maret lalu, Raja Salman diketahui baru saja meninggalkan Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal di Riyadh, setelah sebelumnya, pada Juli 2020, divonis sakit radang kantung empedu dan menjalani masa perawatan.

Raja Salman resmi diangkat menjadi Raja Arab Saudi pada Januari 2015. Selama kepemimpinannya, Raja Salman telah menorehkan sejumlah prestasi yang tidak terdapat pada kekuasaan raja sebelumnya.

Raja Salman pernah mengadakan Konferensi Internasional II tentang Sejarah Raja Abdulaziz yang digelar di Universitas Imam Muhammad bin Saud, Riyadh.

Bahkan Raja Salman berani merogoh kocek hingga 3,2 miliar riyal demi acara yang digelar pada Maret 2015. Selain itu, Raja Salman juga dikenal sebagai pemimpin yang humanis dan kerap memberikan bantuan kemanusiaan.

Sifat tersebut sudah ditunjukkan sejak dia menjabat sebagai Putra Mahkota.

Diketahui, sebelum diangkat menjadi orang nomor satu Arab Saudi, pria kelahiran 31 Desember 1935 itu sempat beberapa kali menduduki jabatan lain di pemerintahan. Berikut daftarnya:

1. Gubernur Riyadh

Mengutip dari laman Saudiembassy.net, Raja Salman menjabat sebagai Wakil Gubernur Riyadh dari Maret 1954 sampai April 1955. Kemudian ia naik pangkat menjadi Gubernur di tanah kelahirannya tersebut, pada April 1955 hingga Desember 1960.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)