Diremehkan Gabung Uni Eropa, Ukraina Marah pada Austria

Senin, 25 April 2022 - 11:26 WIB
loading...
Diremehkan Gabung Uni Eropa, Ukraina Marah pada Austria
Bendera nasional negara-negara Uni Eropa. Ukraina marah setelah Austria meremehkannya untuk bergabung dengan Uni Eropa. Foto/Julien Warnand/Pool via REUTERS
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina marah pada Austria setelah diremehkan untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE). Wina menyebut bergabung dengan UE bukan pilihan terbaik bagi Kiev.

Komentar Austria itu dilontarkan Menteri Luar Negeri Alexander Schallenberg. Ukraina kecewa dengan pernyataan itu yang dinilai berpandangan sempit.

Pada hari Sabtu, Schallenberg, sementara mengakui bahwa memperdalam hubungan dengan Ukraina diperlukan karena UE mengekspor "cara hidup" Barat, mengatakan bahwa model selain keanggotaan penuh UE harus dipertimbangkan untuk Ukraina.

Dia menyebut bergabung dengan European Economic Area atau perjanjian asosiasi sebagai salah satu opsi.

Menanggapi komentar ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko mengeluarkan pernyataan keras pada hari Minggu.

“Kami kecewa dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Federal Austria tentang masa depan Eropa di Ukraina. Kami menganggap mereka berpandangan sempit secara strategis dan tidak demi kepentingan Eropa yang bersatu," kata Nikolenko, seperti dikutip Russia Today, Senin (25/4/2022).



Dia menambahkan bahwa Schallenberg mengabaikan pandangan positif sebagian besar populasi anggota pendiri Uni Eropa terhadap keanggotaan Ukraina.

Mengacu pada pernyataan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba, Nikolenko mengatakan bahwa Ukraina telah membayar “harga yang terlalu tinggi” untuk kesalahan negara-negara Eropa.

“Persepsi bias mereka tentang realitas telah melemahkan Eropa secara politik dan ekonomi, memungkinkan Rusia untuk merusak stabilitas UE dan mewujudkan agresi hibrida terhadap negara-negara Eropa,” kata Nikolenko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)