Jerman Akan Dukung Ukraina Tanpa Membahayakan Keamanan Sendiri

Minggu, 24 April 2022 - 04:28 WIB
loading...
Jerman Akan Dukung Ukraina Tanpa Membahayakan Keamanan Sendiri
Jerman Akan Dukung Ukraina Tanpa Membahayakan Keamanan Sendiri.
A A A
BERLIN - Jerman harus melakukan segala dayanya untuk membantu Ukraina memenangkan perang melawan Rusia , tetapi tanpa membahayakan keamanannya sendiri dan kemampuan pertahanan NATO.

“Kita harus melakukan segala daya kita untuk membantu Ukraina menang, tetapi batas tanggung jawab etis membahayakan keamanan kita sendiri dan membahayakan kemampuan pertahanan wilayah NATO," kata Menteri Keuangan Jerman, Christian Lindner, Sabtu (23/4/2022).



"Tapi, apa yang mungkin harus dilakukan secara pragmatis dan cepat, bersama dengan mitra Eropa kami," lanjutnya, dalam pidato konferensi partai di Berlin, seperti dikutip dari Reuters.

Lindner mengatakan, dia mendukung Ukraina dengan senjata berat, tetapi Jerman tidak boleh menjadi pihak dalam perang. "Ukraina membutuhkan dukungan militer, dan untuk menang, ia juga membutuhkan senjata berat," tambah Lindner.

Dia menolak kritik yang ditujukan kepada Kanselir Olaf Scholz atas keengganan pemerintah untuk mengirimkan senjata medan perang yang berat, seperti tank dan howitzer.



"Olaf Scholz adalah pemimpin yang bertanggung jawab yang menimbang segalanya dengan hati-hati dan membuat keputusan atas dasar ini," kata Lindner.

Sehari sebelumnya, ketika ditanya tentang kegagalan Jerman untuk mengirimkan senjata berat ke Ukraina, Scholz mengatakan NATO harus menghindari konfrontasi militer langsung dengan Rusia yang dapat menyebabkan perang dunia ketiga.

Sebelumnya, Rheinmetall, salah satu produsen senjata terkemuka Jerman, siap untuk mulai mengirimkan tank ke Ukraina. Pernyataan itu diungkapkan Chairman Rheinmetall Armin Papperger kepada surat kabar Handelsblatt, Senin (11/4/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)