5 Negara yang Menjadi Tujuan Pengungsi Ukraina Akibat Invasi Rusia

Sabtu, 23 April 2022 - 17:05 WIB
loading...
A A A


Menteri Dalam Negeri Rumania, Dr. Raed Arafat mengatakan bahwa negara saat ini sedang berusaha membuat penampungan berupa rumah yang lebih permanen untuk para pengungsi. Sebenarnya, para pengungsi menyatakan keinginannya untuk segera kembali ke Ukraina setelah kondisi aman, namun dalam hal ini pemerintah Rumania mengambil inisiatif untuk solusi jangka panjang bagi mereka yang tidak berencana kembali.

Per 21 April 2022, tercatat ada sekitar 769.616 warga negara Ukraina yang mengungsi ke Rumania.

3. Moldova

Moldova menjadi negara berikutnya yang menampung banyak pengungsi Ukraina. Lokasi negara ini yang berada di antara Ukraina dan Rumania menjadikan para pengungsi memilih Moldova. Masuknya gelombang pengungsi secara tiba-tiba menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi Moldova, karena statusnya sebagai salah satu negara termiskin di Eropa dengan sumber daya yang terbatas.

Negara terdekat yang memiliki sumber daya berlebih turut membantu mengangkut pengungsi keluar dari Moldova ke Rumania. Hal ini juga telah didukung oleh badan pengungsi PBB dalam upaya pemindahan pengungsi Ukraina dari Moldova ke negara lain.

Salah satunya adalah Jerman yang telah berkomitmen untuk menerima sekitar 2.500 pengungsi Ukraina dari Moldova untuk mengurangi banyaknya pengungsi. Tercatat per 21 April 2022, terdapat sekitar 430.170 warga Ukraina yang mengungsi ke Moldova.



4. Hungaria

Meskipun perbatasan antar kedua negara ini relatif kecil, namun ada gelombang besar pengungsi Ukraina yang ada di Hungaria. Sebagian besar terdiri dari wanita, anak-anak, hingga mahasiswa internasional. Menyikapi hal ini, warga negara Hungaria menunjukan solidaritasnya dengan menyambut hangat mereka di perbatasan dan memberikan bantuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)