500 Lebih Pengungsi Rohingya di Malaysia Kabur dari Pusat Penampungan

Rabu, 20 April 2022 - 20:00 WIB
loading...
500 Lebih Pengungsi Rohingya di Malaysia Kabur dari Pusat Penampungan
500 Lebih Pengungsi Rohingya di Malaysia Kabur dari Pusat Penampungan. FOTO/CNA
A A A
KUALA LUMPUR - Lebih dari 500 imigran ilegal Rohingya telah melarikan diri dari pusat penahanan imigrasi di Malaysia pada Rabu (20/2/2022) pagi, menurut pihak berwenang.

Direktur Jenderal Departemen Imigrasi Malaysia, Khairul Dzaimee Daud mengatakan dalam sebuah pernyataan, pelarian itu melibatkan 528 tahanan di fasilitas penahanan sementara Departemen Imigrasi Sungai Bakap di Penang.



“Peristiwa itu terjadi pada pukul 04.30. Mereka menerobos dengan mendobrak pintu blok dan penghalang panggangan,” kata Dzaimee, seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Petugas yang bertugas mengaktifkan prosedur operasi standar dengan menghubungi Kepolisian Kerajaan Malaysia dan instansi terkait untuk mendapatkan dukungan,” lanjutnya.

Fasilitas penahanan terletak di dekat perbatasan negara bagian Kedah dan daratan Penang. Fasilitas seperti itu biasanya menampung imigran ilegal. Ada laporan tentang kondisi kehidupan yang buruk di pusat-pusat penahanan ini.

Perburuan para pelarian itu dilakukan bersama dengan polisi, Relawan Korps (RELA) dan anggota masyarakat, kata kepala Departemen Imigrasi.



“Hingga pukul 10 pagi ini, 362 tahanan berhasil ditangkap kembali, dan operasi untuk menemukan sisa tahanan sedang dilakukan,” tambah Dzaimee Ia mengimbau masyarakat yang memiliki informasi mengenai keberadaan para pelarian untuk memberi tahu pihak Imigrasi. Departemen atau polisi.

Dalam konferensi pers pada hari Rabu, kepala polisi Kedah, Komisaris Wan Hassan Wan Ahmad mengatakan pihak berwenang belum mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari insiden tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)