Cairan Sampah Nuklir dari Pabrik Senjata Atom AS Bocor, Cek Situasi Terkini

Selasa, 12 April 2022 - 09:02 WIB
loading...
Cairan Sampah Nuklir dari Pabrik Senjata Atom AS Bocor, Cek Situasi Terkini
Pabrik Percontohan Isolasi Limbah (WIPP) menampung limbah nuklir di tenggara New Mexico, Amerika Serikat. Foto/nukewatch.org
A A A
WASHINGTON - Pada Sabtu malam (9/4/2022), para pekerja di Pabrik Percontohan Isolasi Limbah (WIPP) di tenggara New Mexico, Amerika Serikat (AS), dievakuasi setelah menemukan cairan di dasar drum limbah nuklir.

Menurut Argus Arus Carlsbad, meski cairan itu radioaktif, tidak ada kebocoran radiasi yang ditemukan di luar wadah, termasuk di udara atau pada siapa pun.

Fasilitas penyimpanan limbah nuklir New Mexico itu melaporkan tidak ada kontaminasi radioaktif yang ditemukan setelah cairan ditemukan di dasar wadah penyimpanan selama akhir pekan.



Protokol darurat dinonaktifkan pada pukul 11 malam waktu setempat, per pembaruan dari pejabat WIPP.



"Tidak ada risiko pelepasan radiologis dan tidak ada risiko bagi publik atau lingkungan," papar pernyataan fasilitas itu dalam rilis berita, dilansir Sputnik pada Selasa (12/4/2022).



“Aktivasi terjadi sebagai akibat dari kejadian tidak normal selama penanganan sampah rutin di lokasi WIPP, yang terletak 26 mil sebelah timur Carlsbad, New Mexico,” ungkap pernyataan WIPP.

Fasilitas besar ini dioperasikan Departemen Energi AS dan menyimpan limbah radioaktif yang dihasilkan dalam pembuatan persenjataan nuklir AS, yang mencakup ribuan hulu ledak nuklir yang terbuat dari uranium dan plutonium.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)