Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata Paskah di Ukraina

Minggu, 10 April 2022 - 21:40 WIB
loading...
Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata Paskah di Ukraina
Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata Paskah di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
ROMA - Paus Fransiskus pada Minggu (10/4/2022) menyerukan gencatan senjata Paskah di Ukraina , yang mengarah ke negosiasi dan perdamaian. "Letakkan senjatanya!" kata Paus Fransiskus di akhir kebaktian Minggu Palma bagi puluhan ribu orang di Lapangan Santo Petrus.

“Biarkan gencatan senjata Paskah dimulai. Tapi, bukan untuk mempersenjatai kembali dan melanjutkan pertempuran tetapi gencatan senjata untuk mencapai perdamaian melalui negosiasi nyata,” lanjut Paus Fransiskus, seperti dikutip dari Reuters.



Fransiskus berbicara di akhir kebaktian Minggu Palma, yang pertama sejak 2019 di mana publik diizinkan kembali ke alun-alun setelah dua tahun kebaktian dikurangi karena pembatasan COVID-19.

Beberapa di antara kerumunan meletakkan bendera Ukraina kecil di ujung cabang zaitun dan seorang wanita yang membaca salah satu doa di dekat altar mengenakan warna biru dan kuning bendera.

Paus mengecam perang di mana “warga sipil yang tidak berdaya” menderita “pembantaian keji dan kekejaman yang kejam.” “Kemenangan apa yang didapat dari menanam bendera di atas tumpukan puing?” Dia bertanya.



Fransiskus pada hari Rabu telah mengutuk penargetan warga sipil di Ukraina, menyebut penemuan mayat di Bucha dekat Kiev sebagai "pembantaian" dan mengibarkan bendera Ukraina dari "kota martir."

Dia juga telah menyatakan kesediaannya untuk berkontribusi menghentikan pertempuran di Ukraina dan mengatakan dia akan siap untuk melakukan perjalanan ke Kiev.

Rusia telah membantah bertanggung jawab atas pembunuhan warga sipil di Bucha, menuduh Ukraina merekayasa mereka. Moskow belum memberikan bukti apa pun untuk mendukung klaimnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)