Viral, Karikatur Dewa Rama Memanah Naga Ramaikan Bentrok China-India

Kamis, 18 Juni 2020 - 15:57 WIB
loading...
Viral, Karikatur Dewa Rama Memanah Naga Ramaikan Bentrok China-India
Karikatur Dewa Rama memanah naga diterbitkan media Taiwan sebagai dukungan kepada India yang bentrok dengan China. Foto/Taiwan News
A A A
NEW DELHI - Pasukan China dan India bentrok berdarah di Lembah Galwan, Ladakh, dengan korban jiwa puluhan tentara dari kedua pihak. Setelah bentrok tersebut muncul karikatur yang menggambarkan Dewa Rama membidikkan panahnya ke naga.

Gambar itu pertama kali dibagikan seorang warga Hong Kong pengguna media sosial dan diterbitkan media Taiwan sebagai dukungan untuk New Delhi. Gambar itu kini viral di media sosial Hong Kong, Taiwan dan India.

Taiwan News, portal berita berbahasa Inggris yang berbasis di Taiwan, menjadikan karikatur itu sebagai "photo of the day" di situs webnya. "(Dewa) Rama India siap untuk membunuh naga China atas sengketa perbatasan Ladakh," tulis media tersebut dalam keterangan untuk karikatur tersebut.

Gambar itu sengaja diambil oleh Taiwan News setelah viral di platform media sosial Hong Kong, LIHKG. (Baca: China vs India: Dua Kekuatan Nuklir, tapi Bentroknya Baku Tinju )

"Ketika nasionalisme di kedua sisi perbatasan mencapai puncaknya hari itu, sebuah ilustrasi yang menunjukkan Rama, avatar ketujuh Dewa Hindu; Wisnu, memegang busur dan bersiap untuk menembakkan panah besar ke naga China di samping kata-kata; 'We Conquer. We Kill'," tulis media Taiwan tersebut.

Menurut media Taiwan, karikatur itu pertama kali dibagikan oleh pengguna Twitter Hong Kong dengan nama HoSaiLei.

Gambar itu menarik perhatian orang-orang India, yang saat ini sedang berduka karena kehilangan lebih dari 20 tentaranya dalam bentrokan berdarah di perbatasan.

Banyak pengguna internet India berterima kasih kepada HoSaiLei dan Taiwan News karena telah membagikan gambar tersebut sebagai dukungan.

"Terima kasih Taiwan," tulis warga India, Naren Menon, via akun Twitter @NarenMenon1. (Baca juga: 43 Tentara China Tewas dan Terluka Saat Bentrok dengan India )

Warga India lainnya, Gulshan Sirohi via akun Twitter @SirohiGulshan berkomentar; "Taiwan News menempatkan Dewa Rama India siap untuk membunuh Naga China sebagai 'photo of the day' atas perselisihan perbatasan Ladakh."

"Foto ini sekarang viral di India. Pertama kali dibagikan oleh @hkbhkese seorang penduduk Hong Kong, setelah itu dibagikan oleh @TaiwanNews886 dalam artikelnya. Baik HongKong dan Taiwan ditindas oleh China melalui kebijakan dan kekuatan. Sudah waktunya bagi India untuk berdiri bersama mereka secara terbuka," tulis warga India, Saurabh Chaturvedi via akun @SaurabhAdvDelhi, yang dikutip Kamis (18/6/2020).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)