Ini 4 Negara yang Kekurangan Penduduk, Nomor 4 Tak Sampai 1.000 Jiwa

Sabtu, 09 April 2022 - 21:15 WIB
loading...
Ini 4 Negara yang Kekurangan Penduduk, Nomor 4 Tak Sampai 1.000 Jiwa
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tercatat ada beberapa negara yang kekurangan penduduk di dunia. Jumlah populasi penduduk setiap negara umumnya berbeda dengan negara lain. Ada negara dengan jumlah penduduk banyak, ada juga negara yang memiliki penduduk sangat, sedikit sehingga kerap disebut kekurangan penduduk.

Jika melihat negara dengan populasi besar, orang akan dengan mudah menjawabnya dengan negara seperti China, Amerika Serikat, hingga Indonesia. Lalu, negara mana yang memiliki populasi sedikit dan disebut kekurangan penduduk?

Dilansir dari situs World Atlas, berikut negara-negara di dunia yang kekurangan penduduk:

Baca: 4 Negara Tersepi di Dunia, Kondisi Alam Ekstrem Jadi Penyebab

1. Palau
Palau merupakan salah satu negara yang berada di Samudera Pasifik Selatan. Palau terletak sekitar 200 km dari sebelah utara wilayah Provinsi Papua Barat, Indonesia, serta 225 km dari sebelah timur wilayah Provinsi Maluku Utara.

Dengan luas wilayah daratan sekitar 152,53 mil persegi atau sekitar 395,06 km persegi, Palau menjadi salah satu negara di dunia yang kekurangan penduduk. Tercatat negara yang terdiri dari 250 pulau ini hanya memiliki sekitar 18.010 penduduk yang mendiaminya. Dari angka tersebut, beberapa pulau yang dihuni mayoritas penduduknya adalah Pulau Angaur, Babeldaob, dan Peleliu.

2. Nauru
Nauru merupakan negara kepulauan kecil yang terletak di antara perbatasan Samudera Pasifik Utara dan Selatan. Negara ini juga dikenal sebagai salah satu negara yang kekurangan penduduk. Dengan luas wilayah daratan sekitar 12,9 km persegi, Nauru hanya memiliki 12.580 penduduk.

Dalam sejarahnya, Nauru pernah mendapat predikat sebagai negara dengan PDB per kapita tertinggi di dunia karena memiliki sumber fosfat yang kaya. Namun, setelah sumbernya berkurang, PDB Nauru justru menjadi yang terendah di dunia.

Baca: 5 Kota Terpadat di Dunia, Nomor 1 Termasuk Pusat Keuangan Global

3. Tuvalu
Tuvalu adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik Selatan. Pulau-pulaunya berada di pertengahan antara Hawaii dan Australia. Negara ini terletak sekitar 1.000 km dari utara Fiji dan sekitar 2.000 km dari timur Kepulauan Solomon.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1327 seconds (10.177#12.26)