Sumbang S-300 ke Ukraina, Slovakia Dapat Rudal Patriot dari AS

Sabtu, 09 April 2022 - 10:08 WIB
loading...
Sumbang S-300 ke Ukraina, Slovakia Dapat Rudal Patriot dari AS
AS memindahkan rudal Patriotnya ke Slovakia setelah negara itu menyumbangkan sistem rudal S-300 ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Setelah berulang kali mendapatkan permintaan dari Ukraina untuk membantu mempertahankan diri dari serangan udara Rusia , Slovakia akhirnya mengirimkan satu-satunya sistem rudal permukaan-ke-udara S-300 ke Kiev.

Pengiriman itu diumumkan pada Jumat, bersamaan dengan pengumuman Amerika Serikat (AS) yang akan memindahkan salah satu dari baterai rudal Patriotnya ke Slovakia sebagai gantinya.

"Atas arahan saya, dan atas undangan Slovakia, Komando Eropa AS akan memposisikan ulang satu sistem rudal Patriot, yang diawaki oleh anggota militer AS, ke Slovakia," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan.



“Lama penyebaran mereka belum ditetapkan, karena kami terus berkonsultasi dengan pemerintah Slovakia tentang solusi pertahanan udara yang lebih permanen,” imbuhnya seperti dikutip dari ABC News, Sabtu (9/4/2022).

Ada pembicaraan tentang pengaturan seperti itu sejak bulan lalu ketika Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad mengatakan negaranya siap untuk mengirimkan S-300 era Soviet ke Ukraina dengan syarat kemampuan pertahanan udara Slovakia segera diisi kembali.



“Jika ada situasi di mana kami memiliki pengganti yang tepat atau kami memiliki kemampuan yang dijamin untuk jangka waktu tertentu, maka kami akan bersedia untuk membahas masa depan sistem S-300,” kata Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger dalam konferensi pers bersama dengan Austin pada 17 Maret lalu.

Menurut seorang pejabat senior pertahanan AS baterai rudal Patriot militer AS yang berbasis di Jerman telah ditempatkan sebelumnya di Polandia untuk tujuan ini, dan sistem itu akan segera dipindahkan dari Polandia ke Slovakia untuk menggantikan S-300-nya.

Militer Slovakia sebelumnya mengatakan memiliki sekitar 45 rudal untuk sistem S-300 miliknya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)