Slovakia Sumbangkan Sistem Rudal S-300 ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Sabtu, 09 April 2022 - 00:12 WIB
loading...
Slovakia Sumbangkan Sistem Rudal S-300 ke Ukraina untuk Lawan Rusia
Slovakia sumbangkan sistem pertahanan rudal S-300 ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
BRATISLAVA - Slovakia telah menyumbangkan sistem pertahanan rudal S-300 ke Ukraina untuk membantunya bertahan melawan invasi Rusia . Hal itu diumumkan Perdana Menteri Eduard Heger, Jumat (8/4/2022).

Ukraina telah meminta negara-negara Barat memberikan peralatan pertahanan udara untuk membantu mengusir serangan militer Rusia, yang sekarang telah memasuki bulan kedua.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa Slovakia menyumbangkan sistem pertahanan udara S-300 ke Ukraina berdasarkan permintaannya untuk membantu pertahanan diri karena agresi bersenjata dari Federasi Rusia,” kata Heger dalam sebuah pernyataan melalui email, seperti dikutip Reuters.



Heger, yang mengunjungi Kiev pada hari Jumat, juga mengatakan bahwa pertahanan Slovakia sendiri sudah diamankan.

Slovakia, negara anggota NATO, telah mengoperasikan satu baterai sistem pertahanan udara S-300 yang diwarisinya setelah pecahnya Cekoslowakia pada tahun 1993.

Senjata itu buatan Uni Soviet, negara raksasa yang bubar tahun 1991 dan kini menjadi Federasi Rusia. Dengan S-300 dioperasikan Ukraina, itu seperti senjata melawan pembuatnya.

Sumbangan Slovakia adalah kasus pertama yang diketahui dari sebuah negara yang mengirimkan sistem pertahanan udara ke Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari.

Pada bulan Maret, sekutu NATO lainnya; Jerman dan Belanda, membawa tiga baterai sistem pertahanan udara Patriot ke Slovakia, yang menurut Bratislava pada saat itu akan melengkapi, bukan menggantikan S-300, dan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk menyerahkan S-300 jika dijamin penggantinya.

Heger mengatakan Slovakia akan menerima peralatan tambahan dari sekutu NATO untuk menebus sumbangan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)