AS: Rusia Kehilangan 15-20% Kekuatan Tempur

Sabtu, 09 April 2022 - 06:33 WIB
loading...
AS: Rusia Kehilangan 15-20% Kekuatan Tempur
AS sebut Rusia kehilangan 15-20% kekuatan tempurnya dalam peperangan di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon tidak percaya denganpenolakan Rusia untuk bertanggung jawab atas serangan atas stasiun kereta Ukraina yang menewaskan sedikitnya 50 orang. Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS).

“Mereka awalnya mengklaim serangan yang berhasil dan kemudian menariknya kembali ketika ada laporan korban sipil,” kata pejabat itu.

“Ekspektasi kami bahwa ini adalah serangan Rusia – kami yakin mereka menggunakan rudal balistik jarak pendek, SS-21,” imbuhnya seperti dikutip dari ABC News, Sabtu (9/4/2022).



Menurutnya, ketika pasukan Rusia mundur dari beberapa kota Ukraina, beberapa kelompok taktis batalyon Rusia (atau BTG, masing-masing dengan sekitar 800-1.000 tentara) yang telah ditarik kembali melintasi perbatasan Belarusia dan Rusia pada dasarnya telah "diberantas" dari pertempuran di Ukraina.

"Tidak ada yang tersisa dari BTG kecuali segelintir tentara dan mungkin sejumlah kecil kendaraan," kata pejabat itu.

Dikatakan oleh pejabat itu dalam hal kerugian total - menghitung pasukan, tank, pesawat dan persediaan rudal - Rusia telah kehilangan antara 15-20% dari kekuatan tempur yang awalnya telah disusun melawan Ukraina sejak awal invasi.



Ia juga mengungkapkan, beberapa pasukan Rusia yang ditarik sekarang menuju ke kota-kota Rusia Belgorod dan Valuyki, di barat laut Donbas. Tetapi "tidak ada indikasi" bahwa pasukan baru sedang menunggu di sana untuk bergabung dengan mereka.

"Untuk saat ini, BTG Rusia yang terdegradasi sedang 'menjajaki opsi' untuk mengkonsolidasikan, menyatukan pasukan dan persediaan yang tersisa untuk membentuk unit baru," ujar pejabat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)