Jual Rudal ke Pemberontak Myanmar, Bos Yakuza Ditangkap

Jum'at, 08 April 2022 - 13:35 WIB
loading...
Jual Rudal ke Pemberontak Myanmar, Bos Yakuza Ditangkap
AS menangkap seorang bos Yakuza Takeshi Ebisawa dan kaki tangannya dengan tuduhan menjual narkoba dan rudal ke wilayah yang tidak stabil di Asia. Foto/Sputnik
A A A
WASHINGTON - Otoritas keamanan Amerika Serikat (AS) telah menangkap seorang pemimpin Yakuza dan tiga pria asal Thailand . Mereka dituduh telah menjual heroin dan metamfetamin serta mencoba memperoleh rudal darat-ke-udara buatan AS untuk kelompok bersenjata di Myanmar dan Sri Lanka .

Departemen Kehakiman AS mengatakan Takeshi Ebisawa, Sompak Rukrasaranee, Somphob Singhasiri dan Suksan Jullanan ditangkap di New York pada Senin dan Selasa atas perdagangan narkoba dan senjata serta tuduhan pencucian uang.

"Narkoba itu ditujukan untuk jalan-jalan New York, dan pengiriman senjata dimaksudkan untuk faksi-faksi di negara-negara yang tidak stabil," kata Damian Williams, jaksa AS untuk distrik selatan New York, dalam sebuah pernyataan.



“Anggota sindikat kejahatan internasional ini tidak bisa lagi membahayakan nyawa,” imbuhnya seperti dilansir dari Al Jazeera, Jumat (8/4/2022).

Orang-orang itu telah diselidiki oleh agen Administrasi Penegakan Narkoba AS di Thailand setidaknya sejak 2019, mengatur untuk menjual sejumlah besar heroin dan metamfetamin kepada agen rahasia dari United Wa State Army (UWSA), sebuah kelompok etnis bersenjata di daerah perbatasan negara itu dengan China.

Ebisawa berencana untuk membeli senjata otomatis, roket, senapan mesin dan rudal permukaan-ke-udara untuk UWSA, serta dua kelompok bersenjata lainnya di Myanmar, Persatuan Nasional Karen dan Tentara Negara Bagian Shan.

Militer Myanmar merebut kekuasaan dalam kudeta pada Februari 2021 dan memerangi tidak hanya pejuang bersenjata di daerah perbatasan di mana konflik telah bergemuruh selama bertahun-tahun, tetapi juga dari apa yang disebut Pasukan Pertahanan Rakyat, yang didirikan oleh warga sipil yang telah menerima pelatihan dasar dan dukungan dari kelompok etnis bersenjata.



AS juga mengatakan bos kejahatan terorganisir itu juga berusaha membeli senjata untuk kelompok pembebasan Macan Tamil Eelam (LTTE) Sri Lanka. Kelompok itu pernah menguasai bagian utara dan timur Sri Lanka tetapi dikalahkan pada 2009 dan para pemimpinnya tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)