Cemas Putin Ledakkan Bom Nuklir, Begini Cara AS Mengintainya

Kamis, 07 April 2022 - 16:25 WIB
loading...
A A A
Namun, Jeffrey Lewis dan Michael Duitsman, spesialis citra satelit di Middlebury Institute of International Studies di Monterey, California, terus memantau armada kapal selam Rusia karena pergerakan mereka dapat memberikan indikasi yang dapat diandalkan tentang kesiapan perang nuklir yang lebih tinggi.

Biasanya, sekitar setengah dari kapal selam Rusia yang dilengkapi dengan rudal jarak jauh pergi ke laut dengan patroli terjadwal sementara yang lain tetap di dermaga mereka untuk istirahat, perbaikan dan pemeliharaan. Analis melihat dermaga kosong sebagai tanda peringatan.

Untuk menilai situasi saat ini, Lewis melakukan "zoom" terhadap pangkalan kapal selam besar yang dikenal sebagai Gadzhiyevo di utara Arktik Rusia. Gambar-gambarnya di Google Earth menunjukkan selusin dermaga besar yang menjorok keluar dari fjord berbatu.

Tim Middlebury memeriksa gambar close-up, yang diambil oleh Planet Labs pada 7 Maret, yang menunjukkan empat kapal selam Rusia di dua dermaga Gadzhiyevo. Duitsman mengatakan gambar terpisah dari seluruh pangkalan mengungkapkan bahwa semua kapal selam aktifnya berada di pelabuhan—menunjukkan bahwa mereka tidak bersiap untuk serangan nuklir.

“Selama keadaan kesiapan yang lebih tinggi,” katanya, “Saya memperkirakan beberapa kapal selam akan keluar di laut.”

Tim juga mempelajari gambar pangkalan militer di alam liar Siberia di mana peluncur bergerak memindahkan rudal jarak jauh di jalan pedalaman sebagai taktik pertahanan. Duitsman mengatakan gambar—diambil 30 Maret oleh salah satu satelit radar Capella, yang dapat melihat menembus awan serta kegelapan malam hari—tidak menunjukkan tanda-tanda aktivitas yang tidak biasa.

Akhirnya, di dekat tepi Sungai Volga selatan, tim Middlebury melihat Saratov-63, sebuah situs penyimpanan senjata nuklir untuk rudal jarak jauh serta Angkatan Udara Rusia.

Sebuah pangkalan pembom ada di dekatnya. Gambar, yang diambil oleh Planet Labs pada 6 Maret, mengungkapkan lanskap bersalju dan, kata Duitsman, tidak ada bukti status waspada yang meningkat.

Seorang perwira senior militer Amerika pada tahun 1998 mengunjungi bungker bawah tanah di Saratov-63 dan melaporkan bahwa bungker itu tidak hanya memegang senjata nuklir yang sangat kuat tetapi juga yang lebih kecil, kadang-kadang dikenal sebagai senjata taktis.

Senjata kecil dipandang memainkan peran utama dalam serangan nuklir Rusia karena kekuatannya dapat menjadi pecahan dari kekuatan penghancur bom nuklir di Hiroshima, Jepang, mengaburkan batas antara senjata konvensional dan nuklir dan membuatnya tampak lebih berguna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)