Tank Merkava, Andalan Israel dalam Berbagai Pertempuran

Selasa, 05 April 2022 - 14:46 WIB
loading...
Tank Merkava, Andalan Israel dalam Berbagai Pertempuran
Merkava adalah tank asli buatan Israel. Foto/wikipedia
A A A
TEL AVIV - Israel adalah salah satu negara yang kekuatan militernya layak diperhitungkan. Melansir laman Global Firepower, militer Israel menempati urutan ke-18 dalam jajaran negara dengan militer terkuat di dunia.

Jumlah personel militer di Israel mencapai 169 ribu orang. Sementara itu, senjata milik militer Israel juga sangat canggih, seperti jet tempur siluman F-35, Iron Dome, dan helikopter yang digunakan untuk melakukan penyerangan udara.

Di darat, Israel memiliki tank canggih bernama Merkava. Merkava adalah tank asli buatan Israel yang mulai beroperasi pada 1978.



Tank ini turut berperan dalam Perang Lebanon pertama di tahun 1982. Dapat dikatakan, Merkava adalah tank utama dan menjadi senjata yang sangat diandalkan oleh militer Israel.



Merkava memiliki berat 65 ton, panjang 7,60 meter, lebar 3,72 meter, dan tinggi 2,66 meter. Tank canggih ini mampu menampung 4 sampai 6 orang di dalamnya.



Hingga saat ini, Merkava sudah diproduksi sebanyak 4 jenis, dengan Merkava 4 sebagai varian terbarunya.

Karena desain tank ini difokuskan untuk melindungi awaknya, maka bagian depan tank diciptakan sangat kuat. Berbeda dengan tank lainnya, mesin Merkava ditaruh di bagian depan tangki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)