Pertama Sejak Invasi Rusia, Kiev Kembali Dikendalikan Penuh Ukraina

Minggu, 03 April 2022 - 07:03 WIB
loading...
Pertama Sejak Invasi Rusia, Kiev Kembali Dikendalikan Penuh Ukraina
Pertama sejak invasi Rusia, tentara Ukraina berhasil mengendalikan penuh Ibu Kota Kiev. Foto/The Australia
A A A
KIEV - Pasukan Ukraina kembali mendapatkan kendali penuh atas wilayah di sekitar Ibu Kota Kiev pada Sabtu (2/4/2022) untuk pertama kalinya sejak Rusia menginvasi negara itu pada akhir Februari lalu. Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat Ukraina.

Wakil Menteri untuk kementerian pertahanan Ukraina, Hanna Malyar, membagikan berita itu di sebuah postingan Facebook. Meski begitu, Malyarmengatakan warga Ukraina masih harus menahan diri untuk tidak kembali ke rumah mereka, mengutip upaya berkelanjutan untuk membersihkan daerah itu, termasuk dari sisa ranjau.

"Irpin, Bucha, Gostomel dan seluruh wilayah Kiev dibebaskan dari penjajah," kata Maliar di Facebook, mengacu pada kota-kota yang telah dihancurkan oleh pertempuran seperti dilansir dari France24, Minggu (3/4/2022).



Irpin dan Bucha, kota komuter di luar Kiev, direbut kembali oleh tentara Ukraina minggu ini.

Kedua kota tersebut telah mengalami kehancuran besar dan korban tewas sipil yang besar.

Sebelumnya Sabtu, walikota Bucha mengatakan hampir 300 orang telah dimakamkan di kuburan massal. Gostomel adalah tempat pecahnya pertempuran sengit untuk menguasai lapangan udara strategis di dekat Ibu Kota.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan jalan panjang harus ditempuh sebelum kawasan itu kembali normal dan serangan roket Rusia di kawasan itu tetap menjadi perhatian.



“Kami bergerak maju. Bergerak dengan hati-hati,” kata Zelenskyy dalam pidato pada Jumat malam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)