13 Jet China Terobos Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan

Jum'at, 01 April 2022 - 06:00 WIB
loading...
13 Jet China Terobos Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan
13 Jet China Terobos Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Taiwan pada hari Kamis (31/3/2022) menyatakan, 13 jet China memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ). Ke-13 jet China itu terbang di dekat lokasi, di mana Amerika Serikat dan Filipina sedang melakukan latihan militer bersama.

“Enam J-16, empat J-10, dua pesawat pembom strategis H-6 dan sebuah pesawat peringatan dini dan kontrol KJ-500 memasuki ADIZ pada pagi dan sore hari,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



ADIZ adalah zona penyangga di luar wilayah udara suatu negara, di mana ia memiliki hak untuk meminta pesawat yang masuk untuk mengidentifikasi diri.

Kementerian Pertahanan Taiwan juga menyatakan, pesawat China diberi peringatan radio dan dipantau oleh pesawat patroli militer dan sistem pertahanan udara Taiwan. Area pelanggaran berada di utara pulau Luzon, tempat 9.000 tentara dari AS dan Filipina terlibat dalam latihan bersama yang memicu kemarahan Beijing.

Saat dunia berfokus pada perang Rusia-Ukraina, para pengamat juga mengamati dengan cermat langkah China terkait Taiwan, yang diklaimnya sebagai “provinsi yang memisahkan diri.”



Taipei, bagaimanapun, telah bersikeras kemerdekaannya sejak 1949 dan mempertahankan hubungan diplomatik dengan setidaknya 14 negara.

Ketegangan telah meningkat sejak Oktober lalu ketika Beijing merayakan ulang tahun pendiriannya, dan pada hari-hari berikutnya, banyak pesawat tempur China terbang ke tempat yang disebut Taiwan sebagai ADIZ.

Aktivitas udara yang sibuk di Selat Taiwan terus berlanjut dalam beberapa bulan terakhir, dengan sejumlah jet China memasuki zona tersebut dan membuat Taipei tetap waspada.



Sementara itu, ribuan personel pasukan AS dan Filipina memulai latihan perang gabungan pada Senin (28/3/2022). Ini merupakan salah satu latihan tempur terbesar mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti dilaporkan AP, latihan perang mencakup manuver tembakan langsung, serangan pesawat, perang kota dan pendaratan di pantai dalam pameran senjata AS di Filipina utara, dekat perbatasan laut dengan Taiwan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)