Negara-negara yang Tidak Diakui di Dunia, Nomor 2 Masih Bergejolak

Kamis, 31 Maret 2022 - 05:30 WIB
loading...
Negara-negara yang Tidak Diakui di Dunia, Nomor 2 Masih Bergejolak
Tentara Polisario Front di Sahara Barat. Foto/REUTERS
A A A
LAAYOUNE - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi internasional yang menyatukan berbagai bangsa dan negara di dunia, terhitung sejak Perang Dunia II.

Saat ini, PBB telah memiliki 193 negara yang menjadi anggotanya. Namun, ternyata masih ada beberapa negara yang belum menjadi anggota karena keberadaannya masih belum diakui.

Meskipun telah menyatakan kemerdekaan secara de facto, satu negara harus mendapatkan pengakuan dari negara lain karena belum terpenuhinya syarat dan kewajiban.

Berikut ini adalah beberapa negara yang tidak diakui di dunia.

1. Transnistria

Transnistria secara resmi bernama Republik Pridnestrovia Moldavia. Saat masa berdirinya Uni Soviet, negara ini merupakan bagian dari Moldova, sebelum akhirnya memisahkan diri untuk merdeka.

Transnistria yang berbatasan dengan Ukraina ini mengumumkan kemerdekaannya pada 1990 dan sempat bertempur dengan Moldova hingga 1992.

Meskipun hampir 32 tahun merdeka, Transnistria masih belum mendapatkan pengakuan dari PBB.

Hanya tiga negara yang mengakui Transnistria sebagai negara merdeka, yakni Abkhazia, Republik Artskah, dan Ossetia Selatan.

Meski demikian, Transnistria termasuk negara yang banyak dikunjungi turis mancanegara, karena masih meninggalkan jejak Uni Soviet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)