3 Kota di Rusia dengan Penduduk Beragama Islam Terbanyak

Rabu, 30 Maret 2022 - 15:55 WIB
loading...
3 Kota di Rusia dengan Penduduk Beragama Islam Terbanyak
3 Kota di Rusia dengan Penduduk Beragama Islam Terbanyak. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Rusia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki penduduk beragama Islam cukup banyak. Islam diketahui menjadi agama terbesar kedua setelah kristen ortodoks di Rusia.

Menurut situs The Moscow Times, Ketua Dewan Mufti Rusia, Ravil Gainutdin memperkirakan pada kurun waktu 15 tahun mendatang, pertumbuhan Islam di Rusia akan terus berkembang dan bisa mencapai angka 30 persen dari populasi penduduk Rusia.

Menurut berbagai perkiraan, pada tahun 2018 yang lalu jumlah populasi Rusia mencapai 146, 8 juta jiwa. Dari angka tersebut, diperkirakan sekitar 14-20 juta orang diantaranya beragama Islam.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa kota di Rusia dengan penduduk beragama Islam terbanyak:



1. Moskow
Kota pertama dengan jumlah penduduk Islam terbanyak di Rusia adalah Moskow. Moskow sendiri menjadi salah satu tempat dengan perkembangan pesat umat Islam. Dilansir dari situs Al Jazeera, pada tahun 2015, dengan populasi berjumlah sekitar 12,5 juta penduduk, Moskow menjadi kota tempat tinggal bagi sekitar 1,5 juta warga muslim.

Menurut analis politik Rusia, Alexei Malashenko, angka tersebut merupakan angka terbesar dari populasi muslim di kota Eropa lainnya yang mayoritas penduduknya tidak didominasi muslim.

“Moskow perlahan-lahan beradaptasi untuk menjadi kota muslim terbesar di Eropa, dan umat Islam secara bertahap beradaptasi dengannya.” kata Malashenko kepada Al Jazeera.

Salah satu masjid terbesar di Moskow adalah Masjid Katedral Moskow. Masjid ini didirikan pada tahun 1904 sesuai rancangan arsitek Nikolay Zhukov. Masjid Katedral Moskow menjadi masjid tertua kedua setelah Moscow Historical Mosque yang dibangun pada 1828.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)