Lawan Rusia, Ukraina: Kami Minta F-15, Bukan Jet Siluman F-35 AS

Senin, 28 Maret 2022 - 09:52 WIB
loading...
Lawan Rusia, Ukraina: Kami Minta F-15, Bukan Jet Siluman F-35 AS
Ukraina kembali meminta jet tempur modern seperti F-15 atau F-16 kepada negara-negara Barat untuk melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Militer Ukraina menggemakan permintaan Presiden Volodymyr Zelensky untuk jet tempur modern Barat untuk melawan invasi Rusia . Angkatan Udara Kyiv mengatakan yang diminta hanya jet- tempur seperti F-15 atau F-16, bukan jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS).

“Kami juga ingin memiliki pesawat Barat, seperti F-15, F-16. Kami tidak meminta apa-apa lagi, seperti F-35,” kata juru bicara Angkatan Udara Ukraina Kolonel Yuri Ignat kepada Reuters, Senin (28/3/2022).

Ignat mengatakan pilot-pilot tempur negaranya telah berlatih selama bertahun-tahun dan melakukan latihan bersama dengan pilot AS. "Justru karena kami mengerti bahwa mungkin ada skenario seperti itu," ujarnya.



Menurutnya, F-15 dan F-16 AS dibutuhkan untuk melengkapi pesawat MiG-29 dan Sukhoi era Soviet yang sudah tua. Itu, katanya, untuk mengatasi keunggulan numerik dan teknologi Rusia di udara.

“Kita bertarung dengan peralatan tahun 70-an dan 80-an, mereka bertarung dengan peralatan tahun 2010 dan generasi mendatang,” kata Ignat.

"Kami akan berterima kasih atas peralatan buatan Soviet yang ditawarkan kepada kami oleh negara-negara Eropa Tengah yang masih memilikinya. Tapi itu tidak akan cukup," katanya.

Sebelumnya, Presiden Zelensky tampak kesal dan menuntut agar negara-negara Barat memberikan sebagian kecil dari perangkat keras militer dalam persediaan mereka ke negaranya. Dia kemudian bertanya apakah mereka takut pada Rusia.

Beberapa negara telah berjanji untuk mengirim rudal anti-tank dan anti-pesawat serta senjata ringan tetapi Zelensky mengatakan Kyiv tidak mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

“Ini adalah tank untuk negara kami. Ini adalah pertahanan rudal. Ini adalah senjata anti-kapal. Inilah yang dimiliki mitra kami, itu yang hanya mengumpulkan debu di sana,” katanya dalam pidato video larut malam.

"Ini semua tidak hanya untuk kebebasan Ukraina tetapi juga untuk kebebasan Eropa."

Ukraina, sambung dia, hanya membutuhkan 1 persen pesawat NATO dan 1 persen tanknya.

"Kami sudah menunggu 31 hari. Siapa yang bertanggung jawab atas komunitas Euro-Atlantik? Apakah itu benar-benar masih Moskow, karena intimidasi?" katanya.

Zelensky telah berulang kali berpendapat bahwa Rusia akan berusaha untuk memperluas lebih jauh ke Eropa jika Ukraina jatuh.
Namun NATO telah menolak seruannya untuk menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina dengan alasan bahwa ini dapat memicu perang yang lebih luas.

Zelensky juga berbicara dengan Presiden Polandia Andrzej Duda dan menyatakan kekecewaannya bahwa pesawat tempur buatan Rusia di Eropa Timur belum dipindahkan ke Ukraina.

Zelenskyy mengatakan Polandia dan Amerika Serikat telah menyatakan kesiapan mereka untuk membuat keputusan tentang pesawat. Namun Washington menolak tawaran mengejutkan dari Polandia untuk mentransfer jet tempur MiG-29 ke pangkalan AS di Jerman untuk digunakan untuk mengisi kembali Angkatan Udara Ukraina.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)