PM Australia: Aliansi China-Kepulauan Solomon Jadi Keprihatinan Besar Seluruh Pasifik

Sabtu, 26 Maret 2022 - 15:08 WIB
loading...
PM Australia: Aliansi China-Kepulauan Solomon Jadi Keprihatinan Besar Seluruh Pasifik
Bendera nasional Kepulauan Solomon dan bendera nasional China berkibar di Tiananmen Square. Kedua negara sepakat membentuk aliansi keamanan. Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan ada keprihatinan besar di seluruh Pasifik setelah Kepulauan Solomon mengonfirmasi bahwa pihaknya menciptakan kemitraan keamanan dengan China .

Negara di kepulauan Pasifik itu telah mengonfirmasi sedang memperluas hubungan dengan China untuk memerangi ancaman keamanan dan memastikan lingkungan yang aman untuk investasi.

Sebuah pakta keamanan potensial China dengan Kepulauan Solomon telah memicu kekhawatiran di antara sekutu Amerika Serikat (AS); Australia dan Selandia Baru, tentang pengaruh China di wilayah di mana mereka selama beberapa dekade memegang kekuasaan yang kuat.

Ditanya oleh wartawan di Sydney tentang masalah ini, Morrison mengatakan: "Ada kekhawatiran besar di seluruh keluarga Pasifik karena kami terus-menerus berhubungan dengan keluarga Pasifik kami."

"Saya akan berdiskusi lebih lanjut dengan para pemimpin selama akhir pekan ini, ada pertemuan kemarin dengan kepala misi kami dan Perdana Menteri (Manasseh) Sogavare," katanya, merujuk pada pemimpin Kepulauan Solomon.



Morrison mengatakan Sogavare kemarin menunjukkan kepada Canberra bahwa dia menghargai dukungan berkelanjutan Australia untuk Kepulauan Solomon.

“Kami adalah mitra pembangunan tunggal terbesar di Kepulauan Solomon, siang hari kedua, ketiga, keempat,” kata Morrison, seperti dikutip Reuters, Sabtu (26/3/2022).

Australia sebelumnya telah menyatakan keprihatinan tentang dampak pada keamanan regional dari kerja sama militer antara China dan Kepulauan Solomon setelah rancangan dokumen yang menguraikan kerja sama yang diusulkan bocor minggu ini.

Pada hari Kamis, seorang pejabat Kepulauan Solomon mengatakan kepada Reuters bahwa kesepakatan keamanan dengan China yang mencakup militer akan dikirim ke kabinetnya untuk dipertimbangkan.

Kepulauan Solomon telah menandatangani kesepakatan kepolisian dengan China.

Kepulauan Solomon, sebuah negara pulau kecil sekitar 2.000 km (1.240 mil) timur laut Australia, mengalihkan pengakuan diplomatik ke Beijing dari Taiwan pada 2019, menandakan pengaruh China yang semakin besar di Pasifik.

Washington bulan lalu mengatakan akan membuka kedutaan di Ibu Kota Kepulauan Solomon, Honiara, di tengah kekhawatiran China berusaha untuk memperkuat hubungan militer di sana.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)