Rusia-Ukraina Perang, Pesawat Kiamat Temani Biden Sambangi Markas NATO

Jum'at, 25 Maret 2022 - 15:12 WIB
loading...
Rusia-Ukraina Perang, Pesawat Kiamat Temani Biden Sambangi Markas NATO
Pesawat Kiamat Angkatan Udara AS E-4B Nightwatch menemani perjalanan Presiden Joe Biden ke markas NATO di Eropa ketika perang Rusia-Ukraina sedang berkecamuk. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menghadiri KTT darurat NATO di Brussels, yang membahas perang Rusia-Ukraina , sejak Kamis. Selama perjalanan dari Amerika ke Eropa, dia ditemani “Pesawat Kiamat" Angkatan Udara AS E-4B Nightwatch dalam jarak tak terlalu jauh.

Dirancang untuk berfungsi sebagai ruang perang terbang, satu dari empat E-4B—secara resmi dijuluki National Airborne Operations Center (NAOC)—terlihat oleh aplikasi pelacakan ADS-B dalam perjalanan dari AS ke Eropa sebelum pesawat kepresidenan Biden; Air Force One, terbang ke markas NATO di Brussels.

Mengutip laporan Flyingmag, Jumat (25/3/2022), pada hari Kamis aplikasi melacak pesawat dengan tanda panggilan GRIM99 itu berada di Inggris.

Menyebarkan versi militer Boeing 747-200 yang dimodifikasi ini selama perjalanan kepresidenan ke luar negeri bukanlah hal yang aneh, tetapi ini berfungsi sebagai pengingat yang mengerikan tentang bagaimana perang selama sebulan Rusia di Ukraina telah menghasilkan postur pertahanan yang meningkat di wilayah tersebut.



Sejak konflik dimulai, NATO telah meningkatkan aset militer di sepanjang perbatasan timurnya sebagai unjuk kekuatan, meskipun Biden mengatakan sekutu AS dan NATO tidak akan melawan Rusia terkait Ukraina dan berisiko memicu Perang Dunia III.

Digambarkan oleh Hollywood dalam film spionase 2002 "Sum of All Fears", E-4B Angkatan Udara AS telah lama menarik perhatian publik karena perannya sebagai platform militer yang akan digunakan selama konflik nuklir.

Berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Offutt Nebraska (KOFF), E-4B sering digambarkan sebagai Pentagon yang terbang.

E-4B selalu siaga, 24/7. Dilengkapi dengan teknologi komunikasi dan koordinasi yang canggih, Nightwatch dirancang untuk melayani, jika perlu, sebagai platform komando untuk operasi militer tingkat tinggi, termasuk serangan senjata nuklir AS.

Seperti Air Force One, E-4B dapat terbang selama berminggu-minggu atau lebih dengan bantuan pesawat tanker pengisian bahan bakar KC-135 Angkatan Udara AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)