NATO Tuding China Dukung Rusia dengan Cara Ini

Kamis, 24 Maret 2022 - 05:27 WIB
loading...
NATO Tuding China Dukung Rusia dengan Cara Ini
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. Foto/Russia Today
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa China telah memberikan dukungannya kepada Rusia dengan menyebarkan kebohongan dan informasi yang salah tentang konflik di Ukraina .

Stoltenberg mengatakan bahwa NATO akan meminta China untuk melawan Rusia tetapi Beijing tidak mungkin mendengarkan.

"Beijing telah bergabung dengan Moskow dalam mempertanyakan hak negara-negara merdeka untuk memilih jalan mereka sendiri," kata Stoltenberg pada konferensi pers jelang KTT NATO di Brussels.



"China telah memberi Rusia dukungan politik, termasuk dengan menyebarkan kebohongan terang-terangan dan informasi yang salah," lanjut Stoltenberg seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (24/3/2022).

Stoltenberg mengatakan bahwa para pemimpin NATO akan mengatasi peran China selama KTT yang akan dihelat pada hari ini waktu setempat, dan akan meminta negara adidaya Asia itu untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai anggota Dewan Keamanan PBB dan menahan diri dari mendukung upaya perang Rusia serta bergabung dengan seluruh dunia dalam menyerukan diakhirinya perang ini dengan segera dan damai.

Tidak jelas contoh kebohongan dan kesalahan informasi yang dimaksud Stoltenberg, meskipun China telah bergabung dengan Rusia dalam mengutuk aktivitas laboratorium biologi yang didanai Amerika Serikat (AS) di Ukraina.



Para pejabat AS telah membantah klaim bahwa laboratorium penelitian Ukraina sedang mengerjakan senjata biologis, bertentangan dengan dokumen yang diterbitkan oleh Rusia. Namun, pejabat Amerika mengkonfirmasi keberadaan laboratorium.

Beijing telah menolak untuk memberikan sanksi kepada Rusia atas tindakannya di Ukraina. Pemerintah China telah secara terbuka menegaskan hak Ukraina atas integritas teritorial, tetapi telah menyoroti ekspansi NATO yang berkelanjutan ke Eropa Timur sebagai faktor kunci di balik konflik saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)