Negara-negara Eropa Anggota NATO, Nomor 2 Sempat Ragu karena Takut

Rabu, 23 Maret 2022 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Ketika ingin bergabung dengan NATO, negara ini sempat ragu karena takut wilayahnya dieksploitasi untuk pangkalan AL dan AU.

Namun NATO menjamin tidak akan menggunakannya tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Portugal. Portugal kemudian bergabung dengan NATO pada tahun 1949.

Dengan bergabung ke dalam NATO, Portugal mendapat manfaat dalam hal perubahan dan perkembangan infrastruktur serta pelatihan dan peningkatan profesional personel militernya.

Portugal bergabung dengan NATO bukan hanya untuk pertahanan dan kerja sama internasional saja, tetapi juga untuk perdamaian.

3. Belanda

Belanda cukup banyak terkena dampak dari adanya Perang Dunia I dan II. Belanda juga sempat hancur selama perang sehingga harus menghadapi rekonstruksi yang sangat besar.

Hal itu kemudian yang membuat Belanda bergabung dengan NATO pada 4 April 1949. Belanda menjadi salah satu negara pendiri NATO.

Pada tahun 1952 Belanda menjadi anggota pendiri Komunitas Batu Bara dan Baja Eropa. Belanda terus berkomitmen pada kesepakatan NATO untuk saling mendukung dan melindungi negara-negara anggotanya.

4. Spanyol

Spanyol sempat dilanda keraguan untuk bergabung dengan NATO, mengingat posisi strategisnya yang dilewati jalur perdagangan dunia di laut, darat, dan udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)