AS Kirim Rudal Pertahanan Udara Era Soviet ke Ukraina, Lama Disimpan di Alabama

Selasa, 22 Maret 2022 - 14:44 WIB
loading...
AS Kirim Rudal Pertahanan Udara Era Soviet ke Ukraina, Lama Disimpan di Alabama
Sistem pertahanan udara SA-8 Gecko atau 9K33 Osa dalam sebutan Rusia disimpan AS di Alabama. Foto/sputnik
A A A
WASHINGTON - Setelah runtuhnya Uni Soviet, Amerika Serikat (AS) mengumpulkan beberapa sistem pertahanan rudal Soviet yang dievaluasi para profesional intelijen AS dan digunakan untuk melatih personel Amerika.

Ketika situasi memanas di Ukraina, AS dapat mengembalikan peralatan ini ke negara Eropa timur.

Amerika Serikat dilaporkan akan mentransfer senjata pertahanan udara buatan Soviet yang diperolehnya beberapa dekade lalu.



“Pengiriman itu bertujuan meningkatkan persenjataan militer Ukraina di tengah operasi militer khusus Kremlin yang sedang berlangsung,” papar laporan The Wall Street Journal (WSJ) pada Senin (21/3/2022).



Mengutip sumber yang dirahasiakan dalam pemerintah, laporan tersebut merinci bahwa sistem, yang mencakup SA-8 Gecko (9K33 Osa dalam sebutan Rusia) yang berusia puluhan tahun.



SA-8 Gecko diperoleh AS untuk menilai teknologi militer Soviet yang dijual di seluruh dunia.

Para pejabat dilaporkan telah menegaskan bahwa persenjataan tersebut diketahui oleh militer Ukraina, yang mewarisi jenis peralatan yang sama setelah Uni Soviet runtuh.

Amerika Serikat, diduga, akan memanfaatkan gudang senjata Sovietnya, saat pemerintahan Presiden AS Joe Biden mendorong untuk memberi Ukraina lebih banyak senjata untuk mempertahankan diri.

Menurut WSJ, satu pesawat kargo buatan Soviet terbang ke bandara Huntsville, Alabama, pada 1994, membawa sistem pertahanan udara S-300 yang diperoleh AS di Belarusia sebagai bagian dari upaya rahasia senilai USD100 juta yang melibatkan kontraktor Pentagon.

Beberapa senjata buatan Soviet dilaporkan disimpan di Redstone Arsenal di Alabama, yang berfungsi sebagai "pusat program rudal dan roket Angkatan Darat."

Sumber menunjukkan bahwa setidaknya sebagian dari apa yang mungkin disediakan AS untuk pertahanan Ukraina akan datang dari lokasi itu.

Namun, menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, S-300 dari Belarusia tidak termasuk dalam sistem yang disediakan untuk Ukraina.

Rancangan Undang-undang (RUU) anggaran pengeluaran pemerintah tahunan baru-baru ini disahkan oleh Kongres dan ditandatangani menjadi Undang-undang (UU) oleh Presiden Joe Biden.

UU itu dilaporkan mencakup klausul yang mengizinkan transfer pesawat, amunisi, kendaraan, dan peralatan lainnya ke militer Ukraina dan mitra NATO yang sudah berada di luar negeri atau dalam persediaan yang ada.

Staf untuk Senator Partai Republik Joni Ernst dari Iowa, yang mendorong UU tersebut, dilaporkan mengatakan kepada outlet tersebut bahwa undang-undang yang direvisi juga akan mencakup sistem pertahanan udara era Soviet.

Sumber mengatakan Kongres diberitahu tentang keputusan pemerintah AS tersebut.

Sistem pertahanan udara Rusia S-300 sudah ada di gudang senjata Ukraina, tetapi ditegaskan oleh Kiev bahwa militernya membutuhkan lebih banyak rudal yang beroperasi pada jarak menengah dan jauh.

Rudal Stinger yang ditembakkan dari bahu terus diberikan ke Ukraina oleh AS dan negara-negara NATO hanya efektif terhadap helikopter dan pesawat terbang rendah di dekatnya.

S-300, alias SA-10 dalam istilah NATO, adalah sistem pertahanan udara modern jarak jauh yang dirancang untuk melindungi wilayah besar dalam radius yang jauh lebih luas.

SA-8 adalah sistem pertahanan udara taktis dengan jangkauan terbatas yang dapat bergerak dengan unit darat dan memberikan perlindungan terhadap pesawat terbang dan helikopter.

Sementara SA-8 memiliki jangkauan yang lebih rendah, lebih dapat bermanuver dan mungkin lebih mudah untuk disembunyikan, menurut para ahli militer.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)