Diminta Kirim Sistem Rudal S-400 ke Ukraina, Turki Diimingi Jet Siluman F-35 AS

Senin, 21 Maret 2022 - 08:59 WIB
loading...
A A A
Washington telah mengeklaim pembelian Turki terhadap S-400 Rusia akan membahayakan keamanan teknologi dan personel militer AS. Tindakan itu juga dianggap menyediakan dana besar untuk sektor pertahanan Rusia.

Sejak Rusia melancarkan serangannya terhadap Ukraina bulan lalu, AS telah bekerja untuk mengidentifikasi negara-negara yang memiliki sistem pertahanan udara S-300 buatan Soviet dan mencari cara untuk mentransfernya ke Ukraina.

Salah satu negara tersebut, Slovakia, setuju pekan lalu untuk menyerahkan sistem S-300 ke Kiev jika Bratislava dipasok dengan sistem pengganti seperti Patriot dari sekutu NATO.

Pada hari Minggu, Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad mengonfirmasi bahwa komponen sistem pertahanan udara Patriot NATO telah mulai ditempatkan di negaranya.

Namun, dia mengatakan sistem itu bukan pengganti S-300 tetapi mencatat bahwa sistem Soviet perlu diganti, karena usia, kondisi teknis, kemampuan yang tidak memadai.

Pejabat Pentagon yang berbicara kepada Sky News Arabia pada hari Minggu mengatakan pengiriman telah tiba di Slovakia dalam persiapan untuk transfer sistem S-300 Bratislava ke Kiev.

Moskow menyerang Ukraina sejak 24 Februari menyusul kebuntuan tujuh tahun atas kegagalan Ukraina untuk menerapkan ketentuan Perjanjian Minsk, dan akhirnya pengakuan Rusia atas dua republik Donbass di Ukraina timur, Donetsk dan Luhansk, sebagai negara merdeka.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)