Tak Hanya Kinzhal, Rusia Juga Gunakan Rudal Jelajah Kalibr Buat Bombardir Ukraina

Minggu, 20 Maret 2022 - 20:16 WIB
loading...
Tak Hanya Kinzhal, Rusia Juga Gunakan Rudal Jelajah Kalibr Buat Bombardir Ukraina
Tak hanya rudal hipersonik Kinzhal, Rusia juga menggunakan rudal jelajah Kalibr untuk membombardir Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia kembali menembakkan rudal hipersonik Kinzhal ke Ukraina pada Minggu (20/3/2022). Kali ini yang menjadi sasarannya adalah tempat penyimpanan bahan bakar di selatan Ukraina .

Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan pihaknya membunuh lebih dari 100 anggota pasukan khusus Ukraina dan "tentara bayaran asing" ketika menargetkan pusat pelatihan di kota Ovruch di Ukraina utara dengan rudal berbasis laut.

“Sistem aviasi rudal Kinzhal dengan rudal balistik hipersonik menghancurkan tempat penyimpanan besar bahan bakar dan pelumas angkatan bersenjata Ukraina di dekat pemukiman Kostyantynivka di wilayah Mykolaiv,” kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari Al Arabiya.



Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan pangkalan itu telah digunakan untuk pasokan utama bahan bakar untuk kendaraan lapis baja Ukraina di selatan negara itu.

Rudal hipersonik Kinzhal (Belati) ditembakkan dari wilayah udara di atas Crimea yang dikuasai Rusia, kata Kementerian Pertahanan Rusia, seraya menambahkan bahwa rudal jelajah Kalibr yang diluncurkan dari Laut Kaspia juga menargetkan depot tersebut.

Pada hari Sabtu, Rusia mengatakan telah menggunakan rudal hipersonik Kinzhal untuk menghancurkan situs penyimpanan rudal dan amunisi bawah tanah di Ukraina barat dekat perbatasan dengan anggota NATO Rumania.

Baca juga: BREAKING NEWS-Pertama Kali, Rusia Gunakan Rudal Hipersonik Gempur Ukraina

Angkatan bersenjata Ukraina mengkonfirmasi kepada AFP pada hari Sabtu bahwa depot telah menjadi sasaran tetapi mengatakan mereka “tidak memiliki informasi tentang jenis rudal yang digunakan.”

Analis Rusia mengatakan penggunaan rudal hipersonik Kinzhal pada hari Jumat di Deliatyn, sebuah desa di kaki pegunungan Carpathian, adalah penggunaan pertama dari senjata semacam itu di dunia dalam pertempuran.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka juga menggunakan senjata presisi jarak jauh terhadap fasilitas lain di Ukraina pada Sabtu malam dan Minggu pagi.

"Pasukan Rusia menembakkan rudal Kalibr dari Laut Hitam untuk menargetkan sebuah pabrik di kota utara Nizhyn yang digunakan untuk memperbaiki kendaraan lapis baja," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca juga: Tak Terlihat, Detik-detik Rudal Hipersonik Rusia Hantam Gudang Amunisi Ukraina
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1991 seconds (10.55#12.26)