Serangan Roket Rusia Hancurkan Pangkalan Marinir Ukraina, 40 Tewas

Minggu, 20 Maret 2022 - 18:16 WIB
loading...
Serangan Roket Rusia Hancurkan Pangkalan Marinir Ukraina, 40 Tewas
Serangan roket Rusia hancurkan pangkalan marinir Ukraina, 40 tewas. Foto/Telegraph
A A A
MYKOLAIV - Markas besar Brigade Infanteri Angkatan Laut Ukraina ke-36 yang berbasis di kota selatan Mykolaiv sudah tidak ada lagi. Sekarang menjadi tumpukan puing, di mana pada hari Sabtu tim penyelamat terus mencari mayat marinir yang hilang.

Serangan roket Rusia pada Jumat dini hari menghancurkan barak pangkalan di mana sejumlah marinir Ukraina tengah tidur. Serangan itu menewaskan lebih dari 40 marinir, menurut seorang pejabat senior militer Ukraina, yang berbicara dengan syarat anonim untuk mengungkapkan informasi militer yang sensitif.

Jumlah itu akan menjadikannya salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan Ukraina sejak dimulainya perang tiga minggu lalu. Tetapi ada indikasi bahwa jumlah korban tewas bisa jauh lebih tinggi.

Sepanjang hari Sabtu, van dan truk dengan tanda buatan sendiri yang mengatakan "Muat 200," kode untuk kematian militer, masuk dan keluar dari gerbang depan pangkalan. Di dalam, petugas pemadam kebakaran yang tampak kelelahan bergegas di atas tumpukan beton dan tulangan yang rusak mencari korban selamat.



Di kamar mayat kota Mykolaiv, puluhan mayat, beberapa berseragam, diletakkan berdampingan di tempat penyimpanan. Seorang pegawai kamar mayat tidak mengatakan berapa banyak yang baru dibawa dari lokasi barak yang hancur.

"Banyak," katanya. "Saya tidak akan mengatakan berapa banyak, tapi banyak," imbuhnya seperti dilansir dari New York Times, Minggu (20/3/2022).

Serangan Rusia merupakan pukulan bagi kota ini, yang telah menikmati periode yang relatif tenang setelah berminggu-minggu pengeboman berat. Pasukan Ukraina telah mendorong mundur pasukan Rusia di luar jangkauan artileri mereka.

Pejabat senior Ukraina mengatakan kemungkinan barak itu terkena senjata jarak jauh, seperti rudal balistik Iskander-M, meskipun pihak berwenang Ukraina telah merilis beberapa rincian lainnya.

Gubernur Wilayah Mykolaiv, Vitaliy Kim, yang dikenal karena pesan video hariannya yang optimis, tampak muram pada hari Sabtu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)