Pengungsi Ukraina di Inggris Gratis Naik Kereta Api

Minggu, 20 Maret 2022 - 15:00 WIB
loading...
Pengungsi Ukraina di Inggris Gratis Naik Kereta Api
Pengungsi Ukraina di Inggris Gratis Naik Kereta Api. FOTO/Metro.co.uk
A A A
LONDON - Pengungsi Ukraina yang tiba di Inggris akan ditawari perjalanan gratis. Operator kereta di Inggris telah mengumumkan hal tersebut.

Kepala Eksekutif Rail Delivery Group (RDG), Jac Starr mengatakan, skema yang bertujuan membantu warga Ukraina beraktivitas di Inggris itu akan dimulai pada Minggu (20/3/2022). “Sebagai industri, kami tahu ini adalah hal yang benar untuk dilakukan,” kata Starr, seperti dikutip dari Metro.co.uk.



Pengungsi Ukraina harus menunjukkan paspor Ukraina dan boarding pass atau tiket yang menunjukkan kedatangan mereka ke Inggris untuk mendapatkan perjalanan gratis di jaringan kereta api nasional. Mereka juga harus telah tiba di Inggris dalam 48 jam terakhir.

Semua operator kereta api di Inggris terlibat, kata RDG, dengan banyak operator bus dan pelatih juga menawarkan perjalanan lanjutan gratis ke tujuan akhir mereka. "Kami semua terkejut dengan tragedi yang terjadi di Ukraina,” katanya.

“Sebagai sebuah industri, kami tahu ini adalah hal yang benar untuk dilakukan. Memastikan keluarga yang terkena dampak tragedi ini dapat bersatu kembali secepat mungkin, dan membantu orang lain mendapatkan keselamatan,” tambahnya.



“Skema serupa telah diluncurkan di Benua Eropa, jadi saya bangga bahwa kami berdiri di samping keluarga kereta api Eropa kami dan melakukan apa yang kami bisa untuk membantu. Inisiatif ini akan berjalan selama tiga bulan dan kemudian ditinjau,” kata juru bicara RDG.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia II, menurut komisaris tinggi PBB untuk pengungsi Filippo Grandi. Jutaan orang telah meninggalkan negara itu sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukannya untuk menyerang pada 24 Februari.

Mayoritas dari mereka yang telah meninggalkan Ukraina adalah wanita dan anak-anak. Pria usia pertempuran tetap ada.



"Kami bekerja tanpa lelah untuk membantu warga Ukraina yang bepergian ke Inggris untuk melarikan diri dari konflik,” kata Sekretaris transportasi Grant Shapps.

“Sangat disambut baik bahwa industri transportasi telah bersatu untuk menawarkan perjalanan kereta api, trem, bus, dan bus gratis dari pelabuhan internasional, bandara, atau stasiun kereta api mana pun. Inggris mendukung rakyat Ukraina dan mereka yang melarikan diri dari invasi brutal Putin," lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)