Badan Bantuan Kemanusiaan Berjuang Menembus Kota Terkepung di Ukraina

Minggu, 20 Maret 2022 - 08:30 WIB
loading...
Badan Bantuan Kemanusiaan Berjuang Menembus Kota Terkepung di Ukraina
Badan Bantuan Kemanusiaan Berjuang Menembus Kota Terkepung di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
ROMA - Badan-badan bantuan sedang berjuang untuk menjangkau orang-orang yang terperangkap di kota-kota Ukraina yang dikelilingi oleh pasukan Rusia . Demikian diungkapkan Program Pangan Dunia PBB, Sabtu (19/3/2022).

"Tantangannya adalah untuk sampai ke kota-kota yang dikelilingi atau akan dikepung," kata koordinator darurat, Jakob Kern kepada AFP, seperti dikutip dari Channel News Asia. Ia juga menggambarkan situasinya sebagai "mengerikan".



Kurangnya akses kemanusiaan membuat hampir tidak mungkin untuk mengirimkan pasokan makanan darurat ke kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, kota Kharkiv di timur laut, dan kota Sumy di timur laut. “Itu adalah taktik yang tidak dapat diterima di abad ke-21," kata Kern.

WFP yang berbasis di Roma harus memulai misi untuk menimbun gudang Ukraina "dari nol", dan mengganti rantai pasokan makanan yang rusak di tengah pertempuran sengit adalah "tugas besar", katanya.

Badan tersebut berharap dapat menjangkau 3,1 juta orang di Ukraina, tetapi upaya untuk memindahkan pasokan seperti pasta, nasi, dan daging kaleng di sekitar terhambat oleh kesulitan dalam menemukan pengemudi truk yang bersedia.



"Semakin dekat Anda pergi ke kota-kota ini, semakin khawatir mereka tentang keselamatan mereka," kata Kern. "Dan, itu berarti kami tidak dapat menjangkau orang-orang ini di Mariupol, Sumy, Kharkiv, di kota-kota yang hampir dikelilingi sekarang - atau sepenuhnya dalam kasus Mariupol," tambahnya.

Lebih dari 3,25 juta pengungsi telah melarikan diri dari Ukraina, tetapi banyak orang masih terjebak, termasuk "ratusan ribu wanita dan anak-anak. Mereka tidak dapat keluar dan kami tidak dapat menjangkau mereka."

Kern, yang bekerja untuk WFP selama tiga tahun di Suriah selama perang, mengatakan taktik pengepungan yang digunakan di Ukraina serupa, tetapi dampaknya bahkan lebih besar karena kota-kota yang dikepung lebih besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)