Australia Ikut Ancam China Jika Dukung Rusia

Kamis, 17 Maret 2022 - 16:33 WIB
loading...
Australia Ikut Ancam China Jika Dukung Rusia
Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan China akan menghadapi konsekuensi jika mendukung serangan Rusia ke Ukraina. Foto/canberratimes.com.au
A A A
CANBERRA - Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan China akan menghadapi konsekuensi jika mendukung serangan Rusia ke Ukraina . Morrison beralasan langkah seperti itu akan menjadi "kekejian" sambil mengisyaratkan sanksi internasional baru untuk Beijing.

Ditanya apakah ada hukuman untuk China atas penolakannya untuk mengutuk serangan Rusia yang sedang berlangsung, Morrison mengatakan kepada wartawan bahwa Australia akan bergabung dengan sekutu dalam memberikan sanksi kepada negara tersebut.

“Kami akan bergerak sejalan dengan mitra dan sekutu kami dalam masalah ini, dan Amerika Serikat telah membuat beberapa pernyataan yang sangat jelas tentang ini dan kami mendukung pernyataan itu,” katanya seperti disitir dari Russia Today, Kamis (17/3/2022).



Ia lantas menyerukan seluruh dunia untuk menempatkan mengakhiri kekerasan dan agresi yang mengerikan oleh Rusia di Ukraina.

Morrison melanjutkan dengan berargumen bahwa Beijing harus sangat transparan tentang hubungannya dengan Moskow, termasuk ketika harus memberi mereka jalur kehidupan ekonomi selama krisis global ini dan apa potensi, jika ada, dukungan yang telah dibahas untuk dukungan militer bagi Rusia, menambahkan keputusan terakhir akan menjadi kekejian.

Komentar pemimpin Australia itu mengikuti pernyataan serupa dari Washington, yang juga telah memperingatkan "konsekuensi signifikan" untuk bantuan militer atau ekonomi apa pun ke Moskow.

“Kami tidak akan membiarkan itu berlanjut dan membiarkan ada jalur kehidupan ke Rusia dari sanksi ekonomi ini dari negara mana pun, di mana pun di dunia,” kata Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan pada Minggu lalu, menjelang pertemuan dengan diplomat China Yang Jiechi di Roma.



Terlepas dari laporan bahwa China sekarang sedang dalam pembicaraan dengan Rusia dan menawarkan untuk memberikan bantuan, para pejabat di Beijing telah menolak tuduhan itu sebagai “disinformasi,” sementara Kedutaan Besar AS di negara itu mengatakan tidak terbiasa dengan rencana semacam itu.

Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari, menuduh Kiev menolak menerapkan rencana perdamaian untuk dua republik yang memisahkan diri di wilayah Donbass setelah pertempuran selama bertahun-tahun.

Ukraina telah menyebut "operasi khusus" itu sebagai serangan yang tidak beralasan, sikap yang digaungkan oleh AS dan daftar panjang sekutu, yang telah membalas dengan sanksi luas terhadap Rusia dan meningkatkan pengiriman senjata ke militer Ukraina.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)