Jawab Permintaan Zelensky, Biden Umumkan Bantuan Rp11,4 Triliun

Kamis, 17 Maret 2022 - 03:21 WIB
loading...
Jawab Permintaan Zelensky, Biden Umumkan Bantuan Rp11,4 Triliun
Presiden AS Joe Biden menandatangani bantuan senjata kepada Ukraina. Foto/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa ia menyetujui tambahan bantuan keamanan sebesar USD800 juta atau sekitar Rp11,4 triliun kepada Ukraina , termasuk sistem anti-pesawat dan drone.

“Amerika memimpin upaya ini bersama dengan sekutu dan mitra kami yang menyediakan tingkat keamanan dan bantuan kemanusiaan yang sangat besar yang kami tambahkan hari ini,” kata Biden dalam pidato yang disiarkan televisi seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis (17/3/2022).

Tampak Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks dan Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley berdiri di belakangnya.



“Kami akan terus berbuat lebih banyak dalam beberapa hari dan minggu ke depan. Kami melumpuhkan ekonomi Putin dengan sanksi hukuman, itu hanya akan semakin menyakitkan dari waktu ke waktu," tambah Biden.

Dia mengatakan bahwa prinsip-prinsip yang diperjuangkan AS dan PBB “dipertaruhkan.”

“Ini tentang kebebasan. Ini tentang hak orang untuk menentukan masa depan mereka sendiri. Ini tentang memastikan Ukraina tidak akan pernah menjadi kemenangan bagi Putin, tidak peduli kemajuan apa yang dia buat di medan perang,” ujarnya.



Dalam perincian yang jarang tentang jenis senjata apa yang diberikan, Biden menyebutkan bantuan senjata baru itu: 800 sistem anti-pesawat, 9.000 sistem anti-kendaraan lapis baja, 7.000 senjata kecil, serta 20 juta amunisi dan drone.

Biden berbicara beberapa jam setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak anggota parlemen Amerika untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi negaranya dari invasi Rusia selama pidato virtual di Kongres.

Zelensky memohon para pejabat AS untuk mengeluarkan zona larangan terbang di atas Ukraina sementara dia meminta lebih banyak jet tempur dan sistem pertahanan untuk menangkis invasi Rusia , yang telah meluas ke minggu ketiga.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)