Khawatir Perang Nuklir Pecah, Warga AS Borong Pil Anti Radiasi

Selasa, 15 Maret 2022 - 18:22 WIB
loading...
Khawatir Perang Nuklir Pecah, Warga AS Borong Pil Anti Radiasi
Panic buying landa warga AS dengan memborong pil anti radiasi di tengah kekhawatiran pecahnya perang nuklir. Foto/Daily Mail
A A A
WASHINGTON - Kepanikan melanda warga Amerika Serikat (AS) karena khawatir perang nuklir dengan Rusia akan pecah. Mereka pun berbondong-bondong membeli tablet potasium iodida, yang dapat menangkal efek keracunan radiasi meski Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah memperingatkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi pil anti radiasi bisa mematikan.

Invasi Rusia ke Ukraina terus memicu kekhawatiran akan memicu terjadinya perang nuklir. Ini telah mendorong lonjakan permintaan pil anti radiasi. CNN telah melaporkan bahwa produsen kalium iodida di AS telah mencatat persediaan yang cepat habis baru-baru ini sehubungan dengan invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari.

Produsen pil IOSAT mengatakan obat produksinya yang dijual seharga USD14 atau sekitar Rp200 ribu per bungkusnya telah terjual habis di situs webnya.



Kondisi ini membuat harga pil yang dapat melawan efek keracunan radiasi itu pun terkerek naik untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Di situs belanja online e-Bay, empat kotak tablet kalium iodida Thyrosafe terdaftar seharga USD149 atau sekitar Rp2,1 juta. Sedangkan sekotak pil IOSAT 130 mg masing-masing dijual seharga USD89,95 atau sekitar Rp1,2 juta seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (15/3/2022).

Mengingat lonjakan permintaan pil potasium iodida, yang dengan sendirinya dan dalam dosis kecil tidak berbahaya, CDC sekarang memperingatkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak tablet bisa berakibat fatal.

Iodida radioaktif diketahui merusak tiroid - kelenjar endokrin di leher yang menghasilkan hormon yang mengatur tubuh.



Menurut CDC setelah dilepaskan ke atmosfer, ia dapat terhirup ke paru-paru dan mencemari air, tanah, tumbuhan, dan hewan setempat.

Jika paparan radiasi terjadi, kelenjar tiroid tidak akan dapat melihat perbedaan antara radioiodine dan yodium biasa dan akan menyerap keduanya, dengan terlalu banyak paparan menjadi penyebab utama kanker tiroid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)